Motivasi Belajar Memoderasi Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa IAIN Metro

Lella Anita, Northa Idaman

Abstract


v>The purpose of this study is to test and provide proof of empirically the influence oflecturers competencies to the level of understanding of accounting with the learningmotivation as a moderating variable. This research uses descriptive quantitativemethod. The population of this research is the students of islamic accountingFaculty of Economics and Business Islam IAIN Metro which amounts to 110people. Sampling using purposive sampling method. The analysis technique used isStructural Equation Model (SEM) by using an application program Partial LeastSquare (PLS) version 3.0.m. The results of this study show that (1) the Competenceof the lecturers have a significant effect on the level of understanding of accounting.This supports the hypothesis. (2) Motivation to learn is able to moderate theinfluence of lecturers ' competencies to the level of understanding of accounting.This supports the hypothesis.

Keywords


Kata Kunci : Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

________. 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta .

_________2005. Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Jakarta

Budhiyanto dan Paskah, Ika. 2004. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap

tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol X No. 2

Budiadi, Dwi dan Sulistyawati, Jenny. 2013. Pengaruh Kompetensi Dosen, Self

Efficacy, Locus of Control, Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat

Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Cahaya Aktiva, Vol. 03, No. 01, Maret 2013.

Chin, W.C. and Todd, P.A. 1995. On the Use, Usefulness and Ease of Use of

Structural Equation Modelling in MIS Research: A Note of Caution. MIS

Quartely, Vol. 19 No. 2, pp 234-46.

Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. dan Latan, H. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi

Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Semarang.

Harimurti, Fadjar dan Rispantyo. 2014. Internal Locus of Control Sebagai Moderasi

Pada Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi

(Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi di Fakultas Ekonomi

Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi

Informasi, Vol. 10, No. 1 pp. 50-62.

Jogiyanto, H,M. dan Abdillah Willy. 2014. Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least

Square) untuk penelitian empiris. BPFE Universitas Gajah Mada.

Kadir, Abdul. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar Terhadap

Kemampuan Analisis Statustika Mahasiswa FTIK IAIN Kendari. Al Izzah : Jurnal

hasil hasil Penelitian-ISSN : 1978-9726 (p), 2541-0717 (e) Vol. 13, No 1, Mei

Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosda

Mawardi, M. C. 2011. Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadapa

Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Jurnal Akuntansi

Fakultas Ekonomi Universitas Islam (UNISMA) Malang

Mulyadi, Ahmad dan Abdul, R.M. 2019. Pengaruh Kompetensi Dosen dan

Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Mahassiswa

Akuntansi. Journal of Accounting Science, Vol. 3, Januari 2019.

Puspitasari, D.B. 2012. Hubungan antara Persepsi Terhadap Iklim Kelas dengan

Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. Jurnal Fakultas Psikologi

Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta

Rofa’ah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru dalam kegiatan pembelajaran dalam

perspektif islam. Deepublish, Hal. 30.Yogyakarta.

Santoso, S. 2014. Statistik Multivariat Edisi Revisi. Elex Media Komputindo. Jakarta

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Rajagrafindo Persada.

Depok.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Bandung.

Sumarsan T. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen, Edisi 2. PT Indeks. Jakarta.

Syarbini, Amirulloh. 2015. Guru Hebat Indonesia. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya

dalam KTSP. Bumi Aksara. Jakarta.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar

Yang Kreatif Dan Efektif. Bumi Aksara. Jakarta

Winkel, W. 2003. Educational Psychology And Learning Evaluation. Gramedia.

Jakarta.


DOI: 10.24127/akuisisi.v18i1.661

DOI (PDF): https://doi.org/10.24127/akuisisi.v18i1.661.g491

Article Metrics

Abstract view : 305 times
PDF - 253 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Akuisisi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Flag Counter

Web
Analytics View My Stats

Print ISSN : 1978-6581 Online ISSN : 2477-2984

Adress:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)Universitas Muhammadiyah Metro , Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung 34111.

Telephone: (0725)42445-42454

Email: akuisisijurnal@gmail.com