PENGARUH KINERJA PELAYANAN DAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS GUNUNG SUGIH

Ratih Kusuma Wardani

Abstract


Unit Pelayanan Teknis Daerah  puskesmas gunung sugih (UPTD puskesmas gunung sugih) adalah Puskesmas milik Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan merupakan puskesmas dengan sarana dan prasarana yang memadai di Kabupaten Lampung Tengah. puskesmas di tuntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk memberikan kepuasan kepada para pasiennya. Salah satu cara nya adalah dengan memberikan kinerja pelayanan terhadap respon yang penuh ketulusan dan memiliki mutu pelyanan yang baik terlebih terhadap pasien.

 

Kata Kunci : kinerja pelayanan, mutu pelayanan, kepuasan pasien


Full Text:

PDF

References


Antony., Jiju., Antony., Frenie Jiju., dan Ghosh., Sid., 2004, “Evaluating Service Quality ina UK Hotel Chain: A Case Study”, International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 16 (1), Hal. 41-56.

Dahlan., S, 2004, Statistika Untuk Kedokterandan Kesehatan, Jakarta: Arkans.

Pohan., Imbalo S., 2006, Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian. Jakarta: Kesaint Blanc.

Mukti., Ali Ghufron., 2007, Strategi Terkini Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan : Konsep Implementasi. Yogyakarta: PT. Karya Husada

Mukti. 2008. Profil Kesehatan Indonesia,Jakarta, Indonesia.

Gomes., Faustino Cardoso., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Keempat, Jakarta: Andi Offset.

Mangkunegara., A.A., Anwar Prabu., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2009, Undang-Undang Tentang Kesehatan Nomor 36 tahun 2009, Jakarta.

Anjaryani, Wike Diah. 2009. “Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugu Rejo Semarang”,Tesis, Universitas Diponegoro Semarang.

Mas’ud, 2009, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Apotek Kimia Farma JakartaMenggunakan Metode ServQual”, Studi Kasus, Tiga Apotek, Vol. 6 (2), Hal. 56-74.

Mubarak., Wahit Iqbal dan Nurul Chayatin., 2009, Ilmu Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi,Jakarta: Salemba Medika.

Rivai., Veithzal., 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Raja.

Grafindo Persada.

Singer, S., etal., 2009, Quality of Care and Emotional Support From The

Inpatient Cancer Patient’s Perspective, No 394, Maret 2009, Hal. 723-731.

Satianegara., M., Fais dan Sitti Saleha., 2009, Buku Ajar Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan, Jakarta: Salemba Medika.

Wirawan, 2009, Evaluasi Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Kashinath., etal., 2010, “Factors Affecting Patient Satisfaction among those Attending an Outpatient Department of a Dental College in Tumkur City–A Survey”, Jurnal, Vol.1 (2), Hal. 1-10.

Supriyanto, S dan Ernawaty., 2010, Pemasaran Industri Jasa Kesehatan, Yogyakarta: Andi.

Sutrisno, Edi., 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: RinekaCipta.

Andi, Rizki Ari., 2011, Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Jamkesmas di Instalasi Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Kota Padang Tahun 2011, Skripsi, Universitas Andalas Padang.

Bustami, 2011, Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya, Jakarta: Erlangga.

Dari, Ririn., 2011, Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Halmahera Kota Semarang Tahun 2011, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Mulyadi, Dedi., dkk., 2013, “Analisis Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit Islam Karawang”, Jurnal, Vol 2 (3), Hal. 1206 - 1208.

Daryanto dan Ismanto Setyabudi., 2014, Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fauzi, Usman., 2014, “Pengaruh Kompensasi Terhadap Terhadap Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Trakindo Utama Samarinda”. E-Journal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 2 (3), Hal. 172–185.

Mosadeghrad, Ali Mohammad., 2014, “Factors influencing healthcare service quality”, Jurnal, Vol 3 (2), Hal. 77-89.

Nursalam, 2014, Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4, Jakarta: Salemba Medika.

Suryatama, Erwin, 2014, Aplikasi ISO Sebagai Standar Mutu, Jakarta: Kata Pena.

Sajudinnoor, 2014, “Analisis Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Pegawai Non Medis RSUD Kepanjen Kabupaten Malang)”, Jurnal, Manajemen dan Akuntansi, Vol. 3 (2), Hal. 35-67.

Sudarmanto, 2015, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Fauzi, Ahmad., 2016, Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus: PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Khasanah Ummat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas), Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Purwokerto. Jawa tengah.


Article Metrics

Abstract view : 861 times
PDF - 1324 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.