FINANCIAL AND NON-FINANCIAL FACTORS AFFECTING THE RATING OF SUKUK: PANEL DATA ANALYSIS ON SHARIA BANKING COMPANIES REGISTERED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE

Gustika Nurmalia

Abstract


 

Abstrak

Pasar modal memainkan peranan yang penting dalam dunia perekonomian. Instrument investasi yang berkembang di pasar modal tidak hanya instrument investasi konvensional saja, namun ada juga instrument yang berdasarkan pada prinsip syariah, salah satunya sukuk. Salah satu hal yang mendukung pesatnya perkembangan sukuk adalah rating. Rating atau peringkat sukuk menjadi pertimbangan penting sebagai sumber informasi dan signal mengenai kemungkinan kegagalan hutang dan resiko yang ditanggung oleh perusahaan yang menjadi emiten. Beberapa faktor keuangan yang diproksikan dalam Size (Ukuran Perusahaan) dan rasio keuangan yaitu Leverage. Dan faktor non keuangan yaitu Audit Tenure merupakan aspek-aspek  yang dapat menjadi fakto acuan bagi investor dalam berinvestasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan objek penelitian perusahaan perbankan syariah yang menerbitkan sukuk dan terdaftar di BEI serta terdaftar dalam peringkat sukuk yang dikeluarkan oleh PT. PEFINDO sebagai penyedia data sekunder berupa nama-nama perbankan syariah yang masuk dalam peringkat sukuk dan laporan keuangan perusahaan sektor perbankan syariah periode 2015 – 2019. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi panel data dengan melakukan pemilihan teknik estimasi berupa chow test dan hausman test. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Size tidak berpengaruh signifikan terhadap peringkat sukuk pada perusahaan perbankan syariah, maka seberapapun besarnya total asset suatu perusahaan tidak akan mempengaruhi prediksi peringkat sukuk. Kemudian variabel Leverage  berpengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat sukuk pada perusahaan perbankan syariah, kenaikan rasio leverage akan berpengaruh terhadap peringkat sukuk. Hal ini disebabkan dengan tingginya penggunaan utang mengakibatkan tingginya risiko kebangkrutan dan kegagalan perusahaan. Variabel selanjutnya adalah Audit Tenure tidak berpengaruh signifikan terhadap peringkat sukuk perusahaan perbankan syariah,  jangka waktu penugasan audit tidak memiliki pengaruh terhadap peringkat sukuk perusahaan. Berdasarkan uji determinasi R square bahwa variabel Size, Leverage dan Audit Tenure mempengaruhi peringkat sukuk sebesar 69.7% sedangkan sisanya 30.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimaksud dalam penelitian ini.



Keywords


rating sukuk, sukuk, size, laverage, audit tenure, panel data.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

Abdul Aziz, 2010, Manajemen Investasi Syariah, Bandung: ALFABETA.

Abdul Manan, 2009, Aspek Hukum Dalam Penyelengaraan Investasi di pasar Modal Syariah Indonesia , Jakarta: Kencana.

Agus Tri Basuki, Nano Prawoto, 2016, Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS), Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada .

Arisanti, I., Fadah. I., dan Puspitasari, N. “Prediksi Peringkat Obligasi Syariah di Indonesia”, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 11 No. 2, (2014).

Burton, B, Mike, A, Hardwick, P. “The Determinants Of Credit Ratings In United Kingdom Insurance Industry”. Journal Of Business Finance And Accounting, (2003).

Carcello, J, AL Nagy, ”Audit Firm Tenure and Fraudulent Financial Reporting”, Auditing: A Journal of Practice & Theory, (2004).

Cory Triduta Utami, Khairunnisa, ““Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Jaminan Obligasi Terhadap Peringkat Obligasi (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di PT. PEFINDO Tahun 2010 – 2013)”. Jurrnale-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember (2015).

Darmadji, T, 2011, Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Elhaj, M. A. A,. Muhamed, N. A., & Ramli, N. M. The Influence Of Corporate Governance, Financial Ratios, and Sukuk Structure On Sukuk Rating. Procedia Economics and Finance, Vol. 31 No. 15 (2016).

Fachrurrozie, T. N., dan Jayanto, P. Y. “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Rating Sukuk dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening”, Accounting Analysis Journal, Vol. 3 No. 1, (2014).

Fauziah, Y, “Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Umur Obligasi Terhadap Prediksi Peringkat Obligasi (Studi Empiris pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012). Jurnal Akuntansi, Vol.2 No.1, (2014).

Galih Estu Pranoto, Ratna Angraini, Erika Takidah,” Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Produktivitas, dan Reputasi Auditor Terhadap Peringkat Sukuk”.Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, Vol.12 No.01 (2017).

Iyah Faniyah, 2018, Kepastian Hukum Sukuk Negara Sebagai Instrument Investasi Di Indonesia, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kasmir, 2012, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kusbandiyah, A., dan Wahyuni, S. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Syariah: Studi Empiris Pada Pasar Obligasi Syariah di Indonesia”.Seminar Nasional Dan Call For Paper Program Studi Akuntansi FEB UMS, (2014).

Mahfudhoh , Cahyonowati , “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Dipenogoro Vol. 1 No. 1 (2014).

Malia, L., Dan Andayani, “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Peringkat Sukuk”, Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 4 No. 1, (2015).

Melis,“Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rating Sukuk”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Vol. 2 No.3, (2014).

Mochammad Najib, 2008, Investasi Syariah, Implementasi Konsep Pada Kenyataan Empirik, Kreasi Wacana : Yogyakarta.

Musdalifah azis, Sri mintarti, Maryam nadir, 2015, Manajemen Investasi, Yogyakarta: Deepublish.

Raharja, Sari, “Pebandingan Alat Analisis (Deskriminan dan Regresi Logistic) Terhadap Peringkat Obligasi (PT. PEFINDO)”. Jurnal Maksi, Vol. 8 No. 2 (2008).

Ruth M, Siahaan, “Pengaruh Audit Tenure Terhadap Peringkat Obligasi Perdana (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”. (Program Studi Akutansi Universitas Indoneia, Depok, 2012).

Satoto, Heru. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bond Rating”, Jurusan Manajemen,Fakultas Ekonomi, UPN ”Veteran” Yogyakarta, Vol. 5 No. 1 (2011).

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung : Alfabeta.

Suharyadi, Purwanto, 2011, Statistika: Untuk Ekonomi Dan Keuangan Modern, Jakarta: Salemba Empat.

Sumarto, Susilowati, “Memprediksi Tingkat Obligasi Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI”. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 1 No. 2, (Oktober 2010).

Tamara, K. “Analisis Model Prediksi Pemeringkatan Obligasi Syariah Perusahaan dengan Pendekatan Rasio Keuangan di Bursa Efek Indonesia”, Jurnal Penelitian, Vol.11 No. 10, (2013).

Taufik Hidayat, 2011, Buku Pintar Investasi Syariah, Jakarta: Media Kita.


DOI: 10.24127/jf.v4i1.592

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Stats