ANALISIS FAKTOR SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNGDI KSSPS BMT BASKARA ASRI SEJATI CABANG SEKAMPUNG DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Suryadi Suryadi

Abstract


Pemahaman akan perilaku nasabah mutlak diperlukan apalagi saat sekarang ini,perkembangan dari dunia tentang Lembaga Keuangan Syari’ah lainnya yangbegitu banyak dan tumbuh pesat, sehingga membuat intensitas persaingan yangsemakin tinggi, dan ini menjadi hal yang penting bagi pihak pemasar di BMTBaskara Asri Sejati Cabang Sekampung apabila ingin tetap diterima olehnasabahnya dan untuk bisa mendapatkan nasabah baru.

 

Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui pengaruh faktor sosial terhadapminat nasabah dalam menabung di BMT Baskara Asri Sejati CabangSekampung. 2) untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi terhadap minatnasabah dalam menabung di BMT Baskara Asri Sejati Cabang Sekampung. 3)untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap minat nasabah dalammenabung di BMT Baskara Asri Sejati Cabang Sekampung.

 

Metode penelitian dalam penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel objekpenelitian yang digunakan sebanyak 100 responden nasabah tabungan BMTBaskara Asri Sejati Cabang Sekampung. Pengambilan data berupa observasidan kuesioner. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis menggunakan ujivaliditas, reliabilitas, uji normalitas, linieritas, homogenitas, dan analisis regresilinier berganda menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan menggunakanSPSS version 21 for windows dan menggunakan Microsoft Excel 2007.Teknik analisis yang digunakan adalah pengajuan hipotesis.

 

Hasil penelitian bahwa variabel sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap minatmenabung. Variabel pribadi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minatmenabung. Variabel psikologis tidak memiliki pengaruh secara signifikanterhadap minat menabung.

Kata Kunci : Faktor Sosial, Pribadi, Psikologis, dan Minat Menabung

Full Text:

PDF

References


Buchari Alma. 2013. Manajemen Pemasaran danManajemen Jasa. Cetakan ke-10. Bandung:Alfabeta.

Daniel Ortega, Anas Alhifni. 2017. Pengaruh MediaPromosi Perbankan Syariah Terhadap MinatMenabung Masyarakat Di Bank Syariah.Jurnal Ekonomi Syariah. P-ISSN 2355-0228,E-ISSN 2502-8316. Vol 5 (1): hal 87-98.

Eka Permatasari. 2015. Analisis Faktor KualitasPelayanan yang Mempengaruhi KepuasanNasabah dalam Menabung pada BMT ArthaBuana di Purwosari Metro Utara Kota Metro.Metro: tidak terbit.

Emmywati. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan yangTerdiri dari Kenyamanan, Keamanan,Kemudahan, dan Fasilitas terhadapKepuasan Konsumen pada Galeri Seni danPusat Meditation Ponorogo Jawa Timur.Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. ISSN2502-3780. Vol 1 (3): hal 184-191.

Freddy Rangkuti. 2009. Strategi Promosi yangKreatif & Analisis Kasus IntegratedMarketing Communication. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.Gustina. 2013. Baitul Maal wat Tamwil (BMT)Sebagai Salah Satu Microfinancing bagiUMKM. Jurnal Polibisnis. ISSN 1858-3717.Vol 5 (2): hal 77-85.

Hilmi. 2010. Analisis Faktor-Faktor yangMempengaruhi Keputusan KonsumenMemilih Restoran Paparon Pizza di KotaLhokseumawe. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.ISSN 1693-8852. Vol 9 (2).

Handito, Otto, dan Indrianty. 2013. Faktor Pribadi,Psikologis, Dan Ekuitas Merek TerhadapKeputusan Pembelian Mobil Suzuki Ertiga diPT MegahPutra Kendari. Jurnal Analisis.ISSN 2303-100X. Vol 2 (2): hal 109-116.

Hutomo, Chanafi. 2016. Pengaruh Produk BankSyariah Terhadap Minat Menabung DenganPersepsi Masyarakat Sebagai VariabelModerating Di Pati. Jurnal Ekonomi Syariah.P-ISSN 2355-0228, E-ISSN 2502-8316. Vol4 (1): hal 43-61.

Jamalul Lail, Ari Maulana. 2015. Program SentonoMenabung. Jurnal Inovasi danKewirausahaan. ISSN 2089-3086. Vol 4 (1):hal 54-57.18

Ninin Non Ayu Salmah. 2015. Pengaruh PerilakuKonsumen terhadap Keputusan PembelianKosmetika Sari Ayu pada Toko La TahzanPalembang. Jurnal Media WahanaEkonomika “Ekonomi Pembangunan,Manajemen, Akuntansi, Kewirausahaan.ISSN 1693-409. Vol 12 (1): hal 1-13.

Nugroho Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen“Konsep dan Implikasi Untuk Strategi danPenelitian Pemasaran”. Edisi 1. Cetakan ke-3. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis“Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Cetakan ke-16. Bandung: Alfabeta.

Sofjan Assauri. 2011. Manajemen Pemasaran“Dasar & Konsep”. Edisi 1. Cetakan ke-11.Jakarta: rajawali Pers.

Prasetya, Herianingrum. 2016. Peranan Baitul Maalwat Tamwil Meningkatkan Usaha MikroMelalui Pembiayaan Mudharabah. JurnalSyarikah. P-ISSN 2442-4420 e-ISSN 2528-6935. Vol 2 (2): hal 252-267.

Syafirah, Lisbeth Manake, dan Jopie JorieRotinsulu. 2017. Pengaruh Faktor-FaktorPerilaku Konsumen Terhadap KeputusanPembelian Produk Pada Holland BakeryManado. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174.Vol 5 (2): hal 245:255.


DOI: 10.24127/jf.v1i1.287

Article Metrics

Abstract view : 615 times
PDF - 398 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Stats