ANALISIS PENERAPAN PRODUK IJARAH MULTIJASA PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH (PT. BPRS) LAMPUNG TIMUR

Eka Pariyanti

Abstract


Salah satu bank Syariah yang ada di Lampung Timur adalah Bank Perkreditan Syariah Lampung Timur. Dimana bank ini menerapkan prinsip syariah dalam segala jenis transaksinya untuk menarik minat para konsumen yang terutama masyarakat muslim karena masyarakat muslim adalah masyarakat mayoritas dalam wilayah Lampung Timur khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

 

BPRS Lampung Timur sebagai salah satu bank dengan prinsip syariah tentu juga menggunakan  prinsip pembiayaan multijasa kepada masyarakat. Oleh sebab itu, BPRS Lampung Timur perlu melakukan mekanisme yang tepat dan menggunakan jumlah data yang digunakan yang tepat dalam penggunaannya pada pembiayaan multijasa dengan menggunakan prinsip syariah ini untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan juga karyawan juga masa depan BPRS Lampung Timur pada masa-masa mendatang.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Produk Ijarah Multijasa Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah  (PT. BPRS) Lampung Timur. Teknik analisis data dengan menggunakan Analisis deskriptif.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan produk ijarah multijasa di PT BPRS Lampung Timur telah dijalankan dengan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dan tidak melanggar dari apa yang seharusnya dilakukan. Baik dari mulai persyaratan sampai pada dengan ketentuan telah dijalakan dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya oleh PT BPRS Lampung Timur sehingga berdasarkan analisa, penerapan produk multijasa telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak menyimpang.

 

Kata Kunci: Produk Ijarah Multijasa


Full Text:

PDF

References


Ali Hasan,2009. Marketing Bank Syariah, Bogor, Ghalia Indonesia, Cet.I.

Ahmad Rodoni dan Abdul Hamid, 2008, Lembaga Keuangan Syariah,Zikrul Hakim. Jakarta.

BPRS Lampung Timur, 2016.

Buchori,Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa . CV Alfabeta. Bandung

Darmawi, Herman .2011. Manajemen Perbankan . Bumi Aksara. Jakarta

Indung Sudarsono dkk, 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta. Andi Offset.

Kottler. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, jilid I (alih bahasa Benyamin Molan), Indeks, Jakarta.

Masri Singarimbun & Sofyan Effendi, 1995, Metode Penelitian Survei, Edisi

Revisi, PT. Pustaka LP3ES, Jakarta.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. ,Edisi Revisi : Remaja Rosdakarya. Bandung

Sugiono,2009. Metode Penelitian Administrasi, CV Alfabeta. Bandung,

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta. Jakarta


DOI: 10.24127/jf.v1i1.286

Article Metrics

Abstract view : 330 times
PDF - 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Stats