PENGARUH VIRAL MARKETING DAN HEDONIC SHOPPING TERHADAP IMPULSIF BUYING PADA PENGGUNA SHOPEE DI KOTA METRO

Suharto Suharto, Durotun Nasikah, Mahmud Arifudin

Abstract


Pada era teknologi yang semakin pesat saat ini memberikan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang dapat dirasakan yaitu dengan perkembangan tekonologi untuk mendapat informasi yang dibutuhkan akan semakin mudah dan semakin cepat. Penggunaan internet yang tinggi dapat mengakibatkan konsumen melakukan pembelian secara tiba-tiba hanya dengan melihat konten video suatu produk yang disebar diberbagai macam media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui viral marketing berpengaruh langsung positif terhadap hedonic shopping, untuk ssmengetahui viral marketing berpengaruh langsung positif terhadap impulsif buying, untuk mengetahui hedonic shopping berpengaruh langsung positif terhadap impulsif buying. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesinoner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah penggunaplatform shopee di Kota Metro dan diambil sampel secara accidental sampling sebanyak 120 responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan SPSS 21 dan Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif variabel ξ1 terhadap variabel η1dengan nilai tvalue > ttabel yaitu 6,51 > 1,65, maka hipotesis 1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif variabel ξ1 terhadap variabel η2 dengan nilai tvalue > ttabel yaitu 2,82 > 1,65, maka hipotesis 2 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif variabel η1 terhadap variabel η2dengan nilai tvalue > ttabel yaitu 3,97 > 1,65, maka hipotesis 3 diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa viral marketing berpengaruh langsung positif terhadap hedonic shopping, viral marketing berpengaruh langsung positif terhadap impulsive shopping, hedonic shopping berpengaruh langsung positif terhadap impulsif shopping.

Kata kunci: Viral Marketing, Hedonic Shopping, Impulsif Buying


Full Text:

PDF

References


Aghdaie, S. F. A., Sanayei, A., & Etebari, M. (2012). Evaluation of the consumers' trust effect on viral marketing acceptance based on the technology acceptance model. International Journal of Marketing Studies, 4(6), 79-94.

Ahmed, R. R., Streimikiene, D., Rolle, J. A., & Pham, A. D. (2020). The COVID-19 pandemic and the antecedants for the impulse buying behavior of US citizens. Journal of Competitiveness, 12(3), 5.

Andani, K., & Wahyono, W. (2018). Influence of Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation and Fashion Involvement Toward Impulse Buying through a Positive Emotion. Management Analysis Journal, 7(4), 448-457.

Miller, R., & Lammas, N. (2010). Social media and its implications for viral marketing. Asia Pacific Public Relations Journal, 11(1), 1-9.

Nurlinda, R. A., & Christina, D. (2020). Peran Positive Emotion Sebagai Mediator Hedonic Shopping Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Di Lazada. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(1), 231-244.

Paramitha, N. P. I. N., Sulhaini, S., & Saufi, A. (2022). The Effect of Hedonic Shopping and Utilitarian Values on Impulse Buying Moderated by Gender on the Marketplace. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(2), 54-67.

Rahadhini, M. D., Wibowo, E., & Lukiyanto, K. (2020). The role of positive emotion in hedonic shopping value affecting consumers‟ impulse buying of fashion products. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 780-784.

Rollins, B., Anitsal, I., & Anitsal, M. M. (2014). Viral marketing: Techniques and implementation. Entrepreneurial Executive, 19(1), 1-17.

Rosmalasari, T. D., Lestari, M. A., Dewantoro, F., & Russel, E. (2020). Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 27-32.

Setyo, Edwin Purnomo. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworksâ€. Jurnal Manajemen Dan Star-Up Bisnis. Vol 1. No 6. Hal 755-764.

Sholichin, A. S., & Wisnalmawati, W. (2021). The Effect Of Price, Transaction Security, Online Consumer Review, and Viral Marketing on Purchase Decision in E-Commerce Shopee. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 4(2), 121-132.

Wati, R. A., Basalamah, M. R., & Rahmawati, R. (2022). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Viral Marketing, Dan Customer Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(13).

Widagdo, B., & Roz, K. (2021). Hedonic shopping motivation and impulse buying: the effect of website quality on customer satisfaction. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 8(1), 395-405.

www.bps.go.id


DOI: 10.24127/jm.v17i1.1410

Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats