Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Industri Makanan dan Minuman
Abstract
Price to Book Value is very important for the company because a healthy company will produce a good image for the company both internally and externally. The purpose of this study aims to determine the effect of Company Growth, Price Earning Ratio, Leverage, Profitability on Price to Book Value The research object is all manufacturing companies in the food and beverage sub-sector on the Indonesia Stock Exchange, the analysis period is 2019. The number of companies is 34, consisting of 26 (twenty six) food companies and 8 (eight) beverage companies, all as samples study. The method used is multiple linear regression using Cross Section data. Based on the results of the analysis concluded that the company's growth, leverage, profitability have a positive and significant effect on firm value. Means the increasing growth of the company, Leverage, Profitability will increase the value of the company. While the Price Earning Ratio is not significant to the value of the company.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin (2020) ‘Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2016-2018’, Journal of Chemical Information and Modeling, 9(2), pp. 133–144.
Analisa, 2011 (2011) ‘Pengaruh Ukuran perusahaan, Levarage, profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan’, Eprint.Undip.Ac.Id, 7(4), pp. 1–48.
Aprilia (2017) ‘Price Earning Ratio, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Food & Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015’, akuntansi.
Astakoni (2020) ‘Keputusan Investasi, Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Sebagai Faktor Penentu Nilai Perusahaan Manufaktur’, WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 19(1), pp. 10–23. doi: 10.22225/we.19.1.1576.10-23.
Ayem (2016) ‘Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Deviden, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia) PERIODE 2010 - 2014’, Jurnal Akuntansi, 4(1), pp. 31–39. doi: 10.24964/ja.v4i1.125.
Devi (2021) ‘Analysis Of Factors Affecting Auditor Switching In Manufacturing Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange’, Return : Jurnal Akuntansi, 12(1), pp. 08–15. doi: 10.35335/return.v12i1.64.
Fitri Prasetyorini, B. (2013) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan’, Jurnal Imu Manajemen, 1(1), pp. 183–196.
Heri Setiyo Cahyono, A. I. S. (2016) ‘Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Deviden sebagai Determinan Nilai Perusahaan’, Akuisisi, 12(2), pp. 38–53.
Hermuningsih (2013) ‘Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Di Indonesia’, Bulletin of Science, Technology and Society, 18(1), pp. 38–46. doi: 10.1177/027046769801800106.
Indrajaya, 2011 (2011) ‘Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas dan Resiko Bisnis Terhadap Struktur Modal’, Jurnal Ilmiah Akuntansi, (6), pp. 1–23.
Kementrian Perindustrian RI, 2017 (2017) ‘Industri makanan dan minuman masih jadi andalan’, p. 2.
Mumpuni, F. S. and Indrastuti, D. K. (2021) ‘Keputusan Investasi dan Nilai Perusahaan’, e-jurnal akuntansi TSM, 1(1), pp. 83–96.
Nofrita (2013) ‘Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei)’, akuntansi, skripsi.
Prasetyorini (2013) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan’, Jurnal Imu Manajemen, 1(1), pp. 183–196.
Puspita (2011) ‘Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009 (Studi Kasus Pada Sektor Industri Food And Bevera’, Universitas Diponegoro, pp. 1–68.
Rudangga (2016) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan’, Jurnal Manajemen Unud, 5(7), pp. 569–576. doi: 10.32528/psneb.v0i0.5210.
Sandra, R. D. and Latief, A. (2021) ‘Pengaruh Profitabilitas dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Petambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018’, Borneo Student Research, 2(3), pp. 2114–2122.
Sari, (2018) ‘Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di BEI PEriode 2012-2017’, Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, pp. 1–11.
Suastini (2016) ‘Pengaruh kepemilikan manajerial dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (Struktur modal sebagai variabel moderasi)’, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), pp. 143–172.
Suastini, N. M., Ida, B. A. P. and Henny, R. (2016) ‘Pengaruh kepemilikan manajerial dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (Struktur modal sebagai variabel moderasi)’, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), pp. 143–172.
Utomo (2016) ‘Pengaruh leverage (DER), price book value (PBV), ukuran perusahaan (Size), return on equity (ROE), dividend payout ratio (DPR) dan likuiditas (CR) terhadap price earning ratio (PER) pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2009-2014’, Journal of Accounting, 2(2), pp. 49–60.
DOI (PDF): https://doi.org/10.24127/akuisisi.v19i1.1151.g579
Article Metrics
Abstract view : 804 timesPDF - 722 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Akuisisi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Print ISSN : 1978-6581 Online ISSN : 2477-2984
Adress:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Muhammadiyah Metro , Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung 34111.
Telephone: (0725)42445-42454
Email: akuisisijurnal@gmail.com