KEPUTUSAN DIVERSIFIKASI PORTOFOLIO INVESTASI DIERA MEA

FEBRIYANTO FEBRIYANTO

Abstract


Manajemen keuangan, memiliki tiga fungsi dalam aplikasinya, yaitu pertama terkait dengan Keputusan Investasi, Kedua, Keputusan Keuangan, dan ketiga adalah Manajemen Aset. Berdasarkan tiga keputusan dalam fungsi manajemen keuangan tersebut, keputusan investasi adalah yang menjadi dasar kebijakan selanjutnya. Investasi merupakan alokasi dana untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang yang bertujuan untuk menghasilkan nilai keluaran barang atau jasa dengan tujuan memperoleh manfaat nilai dan keuntungan yang lebih besar di masa yang akan datang. Diversifikasi Portofolio Investasi, merupakan kumpulan investasi dari berbagai macam aset dengan tingkat return keuntungan dan risiko yang berbeda-beda pada kurun waktu dan periode investasi tertentu. Keputusan melakukan diversifikasi portofolio investasi terutama diera MEA yang telah diberlakukan awal tahun 2016 terdiri dari berbagai aspek, yaitu Nilai return yang diharapkan, Tingkat Risiko yang ditanggung karena berbagai investor dan perusahaan se-ASEAN akan berperan dan korelasi tingkat risiko dengan return yang diharapkan dengan pertimbangan optimalisasi dan efisiensi portofolio ditengah semakin banyaknya para investor dan perusahaan.

 

Kata Kunci: Diversifikasi, Investasi, Portofolio, Return, Risiko.

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Bodie, Z., Alex Kane and A. J. Marcus. (2014). Investments and Portofolio.

Charles, P. Jones, (2002), Investment: Analysis and Managemen, Eight edition, John Wiley & Sons.

Dajcman, S., Festic, M., & Kavkler, A. (2012). European Stock Market Comovement Dynamics during Some Major Financial Market Turmoils in The Period 1997 to 2010 – a Comparative DCC-GARCH and Wavelet Correlation Analysis. Applied Economics Letters, 19(13), 1249-1256.

Elthon, Edwin J., and Gruber, Martin J, (2003), Modern Portfolio Theory and Investment Analysis, 6thEd, John Wiley & Sons.

Eugene F. Brigham, Joel F. Houston, (2006), Dasar-dasar Manajemen Keuangan, edisi kesepuluh, Salemba Empat, Jakarta.

Gerald D. Newbold dan Percy S. Poon, 1993, “The Minimum Number of Stocks Needed for Diversification”, Financial Practice and Education, hal. 85-87.

Gitmant, J Lowrence, (2005), Principle of Managerial Finance,Elevent Edition, Pearson.

Husnan, Suad, (2002), Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, edisi ketiga, UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Jogiyanto, (2009), Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi ke-6, BPFE, Yogyakarta.

Kian-Ping Lim, Hock-Ann Lee and L. Khim-Sen Liew. (2003). International Diversification Benefits in ASEAN Stock Markets: A Revisit, Labuan Schoolof International Business and Finance, University Malaysia, University Putra Malaysia

Pariang Siagian, (2003), Model Manajemen Portofolio, Laporan Teknis Berkala Komputerisasi Akuntansi, Vol. 11 No. 3, Sept. 2003, h. 169-170.

Quang, H. D., & Konya, L. (2013). Capital Market Integration of ASEAN-6 Countries and Investment Implication, 1-25.

Reilly, Frank K. and Keith C.Brown, (2003), Investment Analysis and Portfolio Management, Seventh Edition, The Dryden Press, New York.

Tandelilin, Eduardus, (2010), Analysis Investasi dan Manajemen Portofolio, edisi pertama, BPFE-Yogyakarta.

Van Horne, James C. and Warkowitz, (1998), Fundamental of Financial of Financial Management, tenth edition.


DOI: 10.24127/jf.v1i2.306

Article Metrics

Abstract view : 4438 times
PDF - 2702 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Stats