PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PONCOWATI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Taufik Taufik

Abstract


 Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Poncowati Kabupaten Lampung Tengah. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 pasien . Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T dan uji F. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rumusan penelitian memiliki pengaruh positif antara masing-masing variabel indepeden terhadap variabel dependen baik secara parsial maupun simultan. Hal ini menunjukkan bahwa masing-masing indikator dari variabel memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati akan sangat berpengaruh apabila diterapkan sebaik-baiknya akan mempengaruhi kepuasan pasien.

 

Keyword : bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, kepuasan pasien


Full Text:

PDF

References


Agus, Eko Sujianto. 2007. Aplikasi Statistik dengan SPSS Untuk Pemula.Jakarta : Prestasi Pustaka

Ariany, Ayu. Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Medis Terhadap Kepuasan

Paisen di Puskesmas Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. E journal Administrasi Negara, Vol 5, h. 6883-6896

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Jr, Joseph. 2009. Multivariate Data Analysis 9 ed. New Jersey : Pearson Education.

Jatmiko, Bambang (2014) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Raja Basa Indah Bandar Lampung.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management 15. Pearson Education, Inc.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Ketiga.Jakarta.Salemba Empat

Meilana, Dewi.2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pasien

Rawat Inap Tanjung Mas Makmur Kabupaten Mesuji.

Parasuraman, A., Zeithalm, V., dan Berry L., 1988. SERVQUAL: A Multiple item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retaliling.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi Puskesmas

.Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Minimal.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2018 Tentang Aplikasi Sarana Prasarana Alat Kesehatan (Aspak).

Sabri,Luknis. dan Hastono,Sutanto,Priyo. 2010.Statistik Kesehatan Jakarta.PT.Raja Grafindo Perkasa.

Sectio Caesaria, Herdita. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhada Kepuasan

Pasien Pada Puskesmas Simpur Kota Bandar Lampung.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. edisi Sembilan. Bandung:C.V Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta. Bandung

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi

Kedua. Yogyakarta. Penerbit Andi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan

Yazid, 1999. Pemasaran Jasa Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 564 times
PDF - 723 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.