PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA & RELIGIUSITAS ISLAM TERHADAP PENGGUNAAN PEER TO PEER LENDING BERBASIS SYARIAH

Dewi Kusuma Wardani, Anita Primastiwi, Agung Sulistio

Abstract


Saat ini, era industri 4.0 banyak para pengusaha yang mengembangkan usahanya dalam bentuk inovasi ke teknologi, tak terkecuali dalam bidang bisnis keuangan, baik kuangan konvensional maupun keuangan syariah. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi keputusan dalam pemilihan layanan keuangan syariah, diantaranya pengetahuan etika dan religiusitas Islam. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan etika dan religiusitas Islam terhadap penggunaan peer to peer lending berbasis syariah pada mahsasiswa yang berstudi di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berdasarkan hasil analisis kuantitatif terhadap variabel penelitian yaitu pengetahuan etika dan religiusitas Islam terhadap penggunaan peer to peer lending berbasis syariah. sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang menempuh studi di Yogyakarta dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 131 responden yang didapatkan melalui google form dan diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) pengetahuan etika berpengaruh secara signifikan terhadap pengunaan peer to peer lendning berbasis syariah, 2) religiusitas Islam berpengaruh secara signifikan terhadap pengunaan peer to peer lendning berbasis syariah.


Keywords


Fintech; Peer to Peer Lending Syariah; Religiusitas Islam; Pengetahuan Etika

Full Text:

PDF

References


Aaron, M., Rivadeneyra, F., & Sohal, S. (2017). A Framework for Assessing. Bank of Canada Staff Discussion Paper, 10, 283–312. https://doi.org/10.1177/0891242403256667

Aminudin, M. (2016). Pengaruh Pengetahuan Santri, Lokasi dan Fasilitas Perbankan Syariah terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Al Huda Doglo Cepogo Kabupaten Boyolali) SKRIPSI. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51. www.apjii.or.id

Arner, D. W., Barberies, J., & Buckley, R. P. (2015). The Evolution of Fintech: A New Post-Crisis Paradigm? Nhk技研, 151(september 2016), 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 126–129. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.376

Basri, Y. M. (2015). Pengaruh Gender, Religiusitas Dan Sikap Love of Money Pada Persepsi Etika Penggelapan Pajak Mahasiswa Akuntasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(1), 45–54.

Bholat, D., & Atz, U. (2016). Peer-to-peer lending and financial innovation in the UK. Law and Finance after the Financial Crisis: The Untold Stories of the UK Financial Market, 598, 27–47. https://doi.org/10.4234/9781315676579

Budi, T. R. S. (2018). Pengaruh Pelayanan Prima dan Etika Bisnis Islam terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mandiri Mitra Sukses Gresik ( titah R. S. Budi (ed.)). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Darman. (2019). Financial Technology (FinTech): Karakteristik dan Kualitas Pinjaman pada Peer to Peer Lending di Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 18(2), 130–137. https://doi.org/10.12695/jmt.2019.18.2.4

Diana, A. R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Etika, Religiusitas dan Love of Money terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (A. Risma Diana (ed.)). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

DSN-MUI. (2018). Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No: 117/DSN-MUI/II/2018 Tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah. 14.

Harahap, F. H. S. (2016). Analisis Pengaruh Religiusitas Dan Pendapatan Usaha Nasabah Serta Margin Bank. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Iskamto, D., & Yulihardi. (2017). Analisis peranan religiusitas terhadap kepercayaan kepada perbankan syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam -Volume 2, Nomor 2, Juli-Desember 2017, 2(2).

Judono, B. (2016). Pengaruh Pemahaman Rasional Pembiayaan Syariah Dan Religiusitas Petani Terhadap Sikap Petani Dalam Memilih Bank Syariah. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1). https://doi.org/10.26905/jmdk.v4i1.424

Jusup, A. H. (Ed.). (2010). Pengauditan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

KBBI. (2019). Pengetahuan (Def. 1). KBBI Daring.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengetahuan

Krauss, S. E., Hamzah, A., Suandi, T., Mohd Noah, S., Mastor, K. A., Juhari, R., Kassan, H., Mahmoud, A., & Manap, J. (2005). The Muslim Religiosity-Personality Measurement Inventory (MRPI)’s Religiosity Measurement Model : Towards Filling the Gaps in Religiosity Research on Muslims. Pertanika JournalSocial Science and Humanities, 13(2), 131–145.

Kurniawan, T. A., Wardani, D. K., & Widhayati, L. (2019). Pengaruh Keberterimaan Layanan Peer To Peer Lending Kepada Umkm Sebagai Pengguna Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 5(2), 151–160. https://doi.org/10.29303/jseh.v5i2.59

Lestari, A. A. (2018). Skripsi Pengaruh Pengetahuan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) di Kota Yogyakarta Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Pembiayaan Musyarakah Pengaruh Pengetahuan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) di Kota Yogyakarta (A. A. Lestari (Ed.)). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lihawa, Z. (2019). Analisis pengaruh pembiayaan online pada pt.cicil solusi mitra teknologi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa di kota malang. 2.

OJK. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77 /Pojk.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Ojk.Go.Id, 1–29. http://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/regulasi/lembaga-keuangan-mikro/peraturan-ojk/Documents/SAL-POJK PERIZINAN FINAL F.pdf

Pemayun, A. A. G. A. W., & Budiasih, I. G. A. N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Status Sosial Ekonomi dan Love Of Money Pada Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(2), 1600–1628. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p30 Pengaruh

Rastasari, A. (2019). Pengaruh Religiusitas, Bagi Hasil Dan Kemudahan Akses Terhadap Keputusan Masyarakat Mengambil Pembiayaan Di Koperasi Syariah MSI. SIMBA, 819–833.

Romdhoni, A. H., & Ratnasari, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Setiawan, S. D. (2018). Analisis Transformasi Kapabilitas Penyedia Layanan Broadband Perusahaan Telekomunikasi Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 17(2), 76–94. https://doi.org/10.12695/jmt.2018.17.2.1

Sofha, D., & Utomo, D. St. (2018). Keterkaitan Religiusitas, Gender , LOM dan Persepsi Etika Penggelapan Pajak. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 9(2), 43–61.

Sudarsono. (1989). Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja (Cet. 1). Bina Aksara.

Taufiqurahman. (2014). Pengaruh Pengetahuan Santri Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Bidayatussalikin Sleman Yogyakarta). http://digilib.uin-suka.ac.id/14840/2/10390151_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Tsabit, A. M. (2018). Etika Pertukaran dalam Islam Menurut Imam Al-Ghazali. JPIK (Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman), 1(1), 153–196.

Wahyuni, S. (2012). Moslem Community Behavior in The Conduct of Islamic Bank: The Moderation Role of Knowledge and Pricing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 57, 290–298. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1188

Wati, M., & Sudibyo, B. (2016). Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis dan Religiusitas terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Economia, 12(2), 183–201.

Wurangian, F. D., Engka, D., & Sumual, J. (2014). Analisis Pola Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sam Ratulangi Yang Kost Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(2), 74–87.

Yunadi, A. (2011). Analisis pengaruh tingkat religiusitas terhadap permintaan pembiayaan mudharabah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, I(2). http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/130


DOI: 10.24127/jf.v3i2.529

Article Metrics

Abstract view : 689 times
PDF - 576 times

Refbacks



Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Stats