PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA CABANG BMT FAJAR METRO PUSAT

Ardiansyah Japlani, Fitriani Fitriani, Siti Mudawamah

Abstract


kan sebuah tindakan nasabah untuk menggunakan produk jasa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan metode explanatory research dan teknik pengumpulan data sampel berupa simple random sampling terhadap sembilan puluh delapan orang responden nasabah Cabang BMT FAJAR Metro Pusat menggunakan kuesioner dengan skala Likert pada Cabang BMT FAJAR Metro Pusat. Pengujian persyaratan instrumen yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas. Uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas. Uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (R2 ). Sebagai pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun secara simultan.

Keywords


kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan nasabah.

Full Text:

PDF

References


Achmad, Buchori., Djaslim Saladin. (2010). Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama).

Bandung. CV. Linda Karya

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar- Dasar Pemasaran. Jilid I. Ahli Bahasa

Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Anderson, James. C. And James A. Naurus. (1990), A Model of Distributor Firm and

Manufacturer Firm Working Partnerships. Journal of Marketing, Vol.54, January,

pp 42-58.

Arikunto, Suharsimi , 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan

Keenam (Revisi). Jakarta : Rineka

C. Mowen, John. Michael Minor. 2002. Prilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga

C. Mowen, John. Michael Minor. 2002. Prilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga

Don Peppers, Marta Rogers. (2004).”Managing Customers Relationship” Canada: willey.

Dwi Aryani dan Febrina Rosnita. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan dan Membentuk Loyalitas Pelanggan.

Dwi Aryani dan Febrina Rosnita. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan dan Membentuk Loyalitas Pelanggan.

Egel et al. (2010). Prilaku Konsumen. Edisi keenam, jilid l. Jakarta: Binarupa Aksara.

Egel et al. (2010). Prilaku Konsumen. Edisi keenam, jilid l. Jakarta: Binarupa Aksara.

Erik Siswoyo. Analisis pengaruh kualitas pelayanan kepercayaan dan kepuasan nasabah

terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Jateng Pemuda Semarang.

Erik Siswoyo. Analisis pengaruh kualitas pelayanan kepercayaan dan kepuasan nasabah

terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Jateng Pemuda Semarang.

Fandy,Tjiiptono,(2011), Pemasaran Jasa, Bayumedia,Malang.

Fidiyanti, Irma.skripsi.Pengaruh Kualitas Layanan Atm Banking Terhadap Kepuasan

Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kcp Perak

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer.

Bandung: ALFABETA.

Rawlins, Brand L. (2007). Trust and PR Pratice.

Jurnal Fidusia ~ Volume 3, Nomor 1, April 2020 85

Solomon, Michael R and Nancy J. Rabolt. (2004). Consumer Behaviorin in Fashion.

Pearson Education In. London

Yin,Yee and T.M. Faziharudean.2010. Factors Affecting Customer Loyality of Using

Internet Banking in Malaysia. Journal of Electronic Banking Systems Faculty of

Business and Accoutanc. University of Malaya


DOI: 10.24127/jf.v3i1.469

Article Metrics

Abstract view : 1567 times
PDF - 1094 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Stats