IMPACT CONTINUITY MARKETING, ONE TO ONE MARKETING AND PARTNERING MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH EKA SAVE PADA BANK EKA BUMI ARTHA KOTA METRO

Suryadi Suryadi

Abstract


Terdapat tiga program marketing customer relationship antara lain Continuity Marketing, One To One Marketing, Partnering Marketing mempunyai pengaruh pada kepuasan nasabah Bank.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Continuity Marketing terhadap kepuasan nasabah di Bank Eka Bumi Artha. 2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara One To One Marketing terhadap kepuasan nasabah di Bank Eka Bumi Artha. 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara partnering Marketing terhadap kepuasan nasabah di Bank Eka Bumi Artha. 4) untuk mengetahui apakah Continuity Marketing, One To One Marketing dan Partnering Marketing secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berdasarkan hasil analisis kuantitatif terhadap variabel penelitian yaitu Continuity Marketing, One To One Marketing, Partnering Marketingterhadap kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah 39.000 nasabah, sampel yang digunakan 100 responden/nasabah Eka Save yang masih aktif di Bank Eka Bumi Artha. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner, sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu Regresi linier berganda.

Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara continuity marketing terhadap kepuasan nasabah Eka Save. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara one to one marketing terhadap kepuasan nasabah Eka Save. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara partnering marketing terhadap kepuasan nasabah Eka Save. 4) continuity marketing, one to one marketing, dan partneringmarketing secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah Eka Save.

 

Kata kunci : Continuity Marketing, One To One Marketing, Partnering Marketing, dan Kepuasan Nasabah


Keywords


Continuity Marketing, One To One Marketing, Partnering Marketing, dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Ardiyhanto, D. I. D. I. (2011). Analisis Pengaruh Customer Relationship terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada PT. Megatama Motor di Makasar. Unpublished Undergraduate Thesis, Makasar.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen pemasaran. Jakarta :prenhalindo

Oesman. 2010. Sukses mengelola marketing mix, CRM, customer value dan customer dependency. Bandung : Alfabeta

Peppers, Don, Martha, Rogers, Managing Customer Relationships,A strategi Frame work, second edition, New Jersey, Jhon Wiley & Sons, 2011.

Pupella, Christin. 2001. Analisis pengaruh customer relationship terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Polyteknik makasar

Pupella, Christin. 2001. Analisis pengaruh customer relationship terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Polyteknik makasar

Sabam Junijar Sinaga. 2006. Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap loyalitas konsumen (studi kasus pada PT. Ultrajaya milk industry and tranding company, Tbk)

Sheth jagdish, Atul Parvatiyar & shainesh. 2002. Customer relationship management, emergin concepts, tools and alications, new delhi tata mcgraw-hill

Sheth jagdish, atul Parvatiyar and shainesh. 2001. Customer relationship management, emergin concepts, tools and alications, new delhi tata mcgraw-hill

Sugiyono. 2010. metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2013. metode penelitian manajemen. Bandung : Alfabeta

Wahyudi dan Suryono, 2012. Analisis pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai . Yogyakarta

Wijaya, Vivi. 2010. Analisis pengaruh customer relationship marketing terhadap customer vallue pada PT. Amanda finance di makasar

Zikmund Wiliam and Mcleod.and Gilbert. 2003. Customer relationship, management, integrating marketing strategy and information technology, internasional edition. Canada ltd : wiley johan


DOI: 10.24127/jf.v2i1.364

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 506 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Stats