PENERAPAN MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BANK SYARIAH MANDIRI DI PURWOKERTO DENGAN KEPUTUSAN MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Akhmad Darmawan, Khanjaryati Khasanah, Sri Rejeki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan marketing mix terhadap loyalitas pelanggan Bank Syariah Mandiri di Purwokerto dengan keputusan menabung sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menjadi pelanggan Bank Syariah Mandiri di Purwokerto dan sampel penelitian ini sebanyak 120 nasabah. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji sobel, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial produk, distribusi, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. distribusi dan keputusan menabung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Promosi memediasi loyalitas pelanggan melalui keputusan menabung. dan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung. produk, harga, promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Produk, harga, dan distribusi tidak memediasi loyalitas pelanggan melalui keputusan menabung. Dan hasil uji F menunjukan bahwa marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui keputusan menabung. Implikasi penelitian bagi Bank Syariah Mandiri di Purwokerto telah di bahas dalam penelitian ini.

Kata kunci : Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Keputusan     

Menabung.


Keywords


Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Keputusan Menabung.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Thamrin, Tantri Francis. 2017. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Akbar Dinnul Alfian (2016). Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah di PT.Bank BNI Syariah Cabang Palembang.Jurnal I-Economic Vol.2 No.1 (2016).

Aini Yenny Kuratul, Wadhan. (2016). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Loyalitas Nasabah Pada Bprs Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah P-ISSN: 2354-7057; E-ISSN: 2442-3076 Vol. 3 No. 2 Desember 2016.

Aulia Viranti Firza, Ginanjar Adhitya (2015). Influence of Facilities, Promotion, Product and Location Islamic Banking on Decision Non Muslim Customers Patronizing at BRIS case Study in BRI Syariah. The Journal of Tauhidinomics Vol. 1 No. 1 (2015): 35-60.

Heriyanto Imam (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan.Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship. Vol. 9 No. 2 (2015) ISSN 2443-2121.

Husaeni Uus Ahmad (2017). The Influence Of Marketing Mix On Decisions To Be A Islamic Banking Customer In Cianjur Regency. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam Vol.10 No.2 P-ISSN: 1979-0724 E-ISSN: 2502-3993.

Kasmir. 2014. Bank dan lembaga keuangan lainnya. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada.

Keller Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga Jilid1.

Kurniawan Hendra, Satria Arif, dan Supriyitno Gendut. (2016)Perancangan Strategi Bauran Pemasaran Untuk Mrneingkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal aplikasi bisnis dan manajemen, Vol 2 No. 1, Janurai 2016. E-ISSN : 2460-7819.

Lupiyoadi Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Muhamad. 2014. Manajemen dana bank syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Priansa Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alpabeta.

Rini Endang Sulistya, Absyah Yeni (2015). Analisis Penciptaan Loyalitas Melalui Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Rasional, Emosional, dan Spiritual Terhadap Keputusan Nasabah PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan. Jurnal Studi dan Bisnis vol.2 No.1 2015.

Rokhman Wahibur, Zamroni (2016). Pengaruh Marketing Mix Dan Syariah Compliance Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Umum syariah Di Kudus. EQUILIBRIUM, Volume 4, No.1 Juni 2016.

Sari Devi Kumala (2015). Faktor-faktor Bauran Pemasaran Jasa Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung Tabungan Prama di Bankaltim Cabang Utama Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, ISSN 2355-5408.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni Wiratna. V. 2015. Metedologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Pres.

Suryadi, Lubis Rahman, Chan Syarifudin (2016). Penerapan Marketing Mix dan Keputusan Menabung Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Kota Banda Aceh Dan Aceh Besar. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala,2302-0199 pp.86-94.

Suryani Tatik. 2017. Manajemen Pemasaran Strategik Bank Di Era Global. Jakarta: Prenandamedia Group.

Triska Lena Henny, Zulkarnain, Sulistyowati Llilis, (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Bank Terhadap Kepuasan dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Debitur BPR di Wilayah Riau Pesisir. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Vol. VI No. 2 Mei 2014

Wijaya Evelyn, Marantika Ariyani Puspa (2018). Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional Tbk Cabang A.Yani Pekanbaru. Jurnal Of Ekonomic Bussines, e-ISSN: 2597-5234.

www.cnbn.id 2018 pada tanggal 03 Juli 2018 pada jam 21:08.

www.ojk.go.id 2018 pada tanggal 12 September 2018 pada jam 14:15.


DOI: 10.24127/jf.v2i1.358

Article Metrics

Abstract view : 1343 times
PDF - 702 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Stats