ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH BMT SEPADAN KECAMATAN PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR

Eka Pariyanti, Rafika Zein

Abstract


Kinerja keuangan dalam suatu perusahaan dapat diketahui dengan cara menganilisis hubungan dari berbagai pos dalam suatu laporan keuangan. Analisis kinerja keuangan yang digunakan Meliputi rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas (rentabilitas), serta rasio aktivitas. Sehingga dapat diketahui mengenai baik buruknya keadaan keuangan suatu perusahaan yang mencerminkan prestasi kerja dalam periode tertentu.

Melihat pentingnya penilaian kinerja keuangan koperasi yang harus dilakukan, oleh karenanya Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT SEPADAN Kecamatan Pasir Sakti Lampung Timur perlu dilakukannya penilaian kinerja keuangan pada saat ini menggunakan analisis Rasio keuangan, yaitu rasio likuiditas, solvabilitas,  rentabilitas, serta rasio aktivitas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Kinerja keuangan berdasarkan tingkat likuiditas, solvabilitas, rentabilitas, dan aktivitas pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT SEPADAN Kecamatan Pasir Sakti Lampung Timur. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentai dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Nomor 06/per/M.KUKM/V/2006 Tanggal 1 mei 2006 tentang Pedomaan Penilaian Koperasi Berprestasi Atau Koperasi Award.

Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Rasio likuiditas koperasi ditinjau dari  current ratio, dan cash ratio masih berada di bawah standar yang telah ditetapkan. Dengan kata lain belum cukup likuid. (2) Rasio solvabilitas koperasi selama tiga tahun dapat dinyatakan belum solvabel dalam memenuhi hutang jangka panjangnya. (3) Rasio rentabilitas koperasi selama tiga tahundapat dinyatakan sudah cukup rentabel dalam menghasilkan laba (SHU). (4) Rasio aktivitas ditinjau dari receivable turn over , dan asset turn over sudah memenuhi standar yang ditetapkan.

 

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, liquiditas, solvabilitas, rentabilitas


Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta, Bandung.

Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim, 2012. Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Harmono. 2011. Manajemen Keuangan (Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, Dan Riset Bisnis). Bumi Aksara, Jakarta.

Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

KSPPS BMT SEPADAN. Laporan usaha KSPPS BMT SEPADAN TAHUN 2014 – 2016. Lampung timur; KSPPS MBT SEPDAN.

Munawir. 2010. Analisa Laporan Keuangan (Edisi 4). Liberty, Yogyakarta.

Peraturan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Nomor 06/per/M.KUKM/V/2006 Tanggal 1 mei 2006 tentang Pedomaan Penilaian Koperasi Berprestasi Atau Koperasi Award.

Rachmawati, Rizki Putri. 2013. Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Tegak Kecamatan Sentolo Kulonprogo. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Erlangga, Jakarta.

Samryn, L.M. (2011). PengantarAkuntansi. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Cetakan Ke-19. Alfabeta, Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.


DOI: 10.24127/jf.v1i2.303

Article Metrics

Abstract view : 1881 times
PDF - 3248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Stats