PENGARUH LABEL HALAL, PROMOSI DI MEDIA SOSIAL, DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MS GLOW DI CILACAP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis variabel label halal, promosi di media sosial dan word of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian MS Glow di Cilacap. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna MS Glow di Cilacap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 responden. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel label halal tidak berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi di media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : Label Halal, Promosi di Media Sosial, Word of Mouth, dan Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Barokah dkk, Siti. 2021. “Kredibilitas Celebrity Endorser Dan Minat Beli Penggemar Raffi Ahmad Dan Nagita Slavina Terhadap Skincare MS Glow.†Scientific Journal of Reflection : Economic, Accounting, Management and Business 4.
Bulan dkk, Teungku. 2017. “Pengaruh Label Halal Dan Bonus Dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kinder Joy Pada Masyarakat Kota Langsa.†Jurnal Manajemen dan Keuangan 6.
Danang, Prasetyo dkk. 2018. “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Mukena Fathiya Cimahi Tahun 2018.†e-Proceeding of Applied Science 4.
Diyatma, Aris. 2017. “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar.†e-Proceeding of Management 4.
Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.
Harahap dkk, Darwis. 2018. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mi Instan Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.†Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam 4.
Harahap, Raja. 2020. “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Membeli Produk Makanan Dan Minuman.†Jurnal Ekonomi Islam V: 354–76.
Hayet. 2019. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik.†Jurnal Ekonomi Islam 10: 21–38.
Irawan, Martin L.Bell Swastha dan. 2011. Manajemen Pemasaran Di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Joesyiana, Kiki. 2018. “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru.†Jurnal Valuta 4.
Junaidi, Dkk. 2020. “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Baso Aci Akang Citra Raya Tangerang.†Jurnal Prologia 4.
Kamilah, Wahyuti. 2017. “Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli.†Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 6.
Karnia, Ali. 2020. “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer.†Jurnal Manajemen dan Bisnis 1.
Kotler, and Armstrong. 2018. Prinsip- Prinsip Pemasaran 2. Edisi 12. 2018: Erlangga.
Kotler, Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 J. Jakarta: Erlangga.
Kusumahadi, and Ningsih. 2020. “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk IPhone Di Kalangan Mahasiswa Universitas Telkom.†e-Proceeding of Management 7.
Latte dkk, Jumai. 2020. “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kalimantan.†Jurnal Inovatif 2.
Lukito, Fahmi D. 2020. “Pengaruh Promosi Dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa.†Journal of Economic and Accounting 1.
Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktek. Salemba Empat.
Muskita, Ayunita. 2021. “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian.†Jurnal Ilmu Sosial & Humaniora 4: 42–53.
Neni, Triana dkk. 2019. “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Viral Marketing Di CV Seragam Sekolah Bhinneka Karawang.†Conference on Industrial Engineering and Halal Industries.
Ningsi dkk, Wiwik. 2021. “Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS Glow.†Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis 2.
Novita dkk, Dian. 2020. “Pengaruh Promosi Menggunakan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Be Glow Skincare.†Seminar Nasional Riset dan Teknologi.
Prasetiyo dkk, Budi. 2019. “Pengaruh Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk XYZ Donut.†Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi IV.
Rangkuti dan Freddy. 2010. Strategi Promosi Dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sarwoko, Ardiansyah. 2020. “How Social Media Marketing Infuences Consumers Purchase Decision? A Mediation Analysis of Brand Awareness.†Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen 17: 156–68.
Simbolon, Fredy. 2019. “The Impact of Halal Label, Price and Brand on the Purchase Decision of Bakso Wagyu in Kota Wisata Cibubur.†Journal the Winners 20: 111–20.
Sudarwanto, Winalda. 2021. “Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan.†Jurnal Pendidikan Tata Niaga 10.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suharsono, Sari. 2019. “Pengaruh Promosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab.†Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis 1.
Suliyanto. 2018. Metode Penelitian Bisnis : Untuk Skripsi, Tesis Dan Desertasi. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Sumedi dkk, Nugroho. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Di Kota Lamongan.†Jurnal Eksekutif 17.
Swastha, Basu. 2018. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta.
Swastha, Handoko. 2018. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta.
Syahbani, Fariz & Widodo. 2017. Food Blogger Instagram : Promotion Through Social Media, Ecodemica.
Syamsiah dkk, Siti. 2018. “Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Toko SJ Tempeh Lumajang.†Jurnal Riset Manajemen 1.
Wati dkk, Rochima. 2021. “Pengaruh E-Referral Marketing, E-Radical Marketing, E-Social Marketing Terhadap E-Customer Behavioral Intention Melalui E-Customer Satisfaction Pada Produk Perawatan Kecantikan MS Glow Di Surabaya.†Jurnal Mitra Manajemen 5: 207–22.
Yunitasari dkk, Vivi. 2019. “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Impor Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.†Jurnal Ekonomi Islam 2: 49–57.
https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/
(di akses pada 22 Oktober 2021)
Article Metrics
Abstract view : 397 timesPDF - 341 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal has been indexed by:
Â