PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM

Cicik Harini, SB. Handayani

Abstract


UMKM dalam kondisi globalisasi dengan tingginya persaingan serta diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) diharapkan mampu menjadi peluang untuk memanfaatkan kebijakan regional ASEAN, dalam rangka mengembangkan pasar. Untuk itu UMKM harus mampu menghadapi berbagai tantangan dengan cara meningkatkan inovasi produk dan jasa, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi serta pemasaran. Hal ini merupakan masalah mendasar bagi pengusaha kecil.Aspek penting dari pemasaran ini diteliti dalam konteks usaha kewirausahaan untuk melihat bagaimana teori pemasaran sesuai dengan praktek kewirausahaan. Di era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi diperlukan pengembangan pemasaran kewirausahaan yang mampu menjangkau seluruh konsumen dipenjuru dunia, yaitu melalui internet marketing. Makalah konseptual ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait dengan penelitian empiris yang telah dilakukan peneliti, berdasarkan tinjauan pustaka dan hasil penelitian dilapangan.  Hal ini menunjukan bahwa e-commerce mampu meningkatkan hubungan antara pemasaran kewirausahaan terhadap kinerja UMKM.

 

Kata Kunci : Pemasaran Kewirausahaan, E-Commerce, Kinerja, UMKM


Full Text:

PDF

References


Bjerke dan Hultman, 2006. Marketing Entrepreneurship and National Culture, In Research at the Marketing Entrepreneurship Interface.Chicago: University of Illionis at Chicago.

Bustami, Bernadien, Nurlela, Sandra, Ferry, 2007. Mari Membangun Usaha Mandiri. Pedoman Praktis Bagi UKM. Penerbit Graha Ilmu Jogjakarta.

Carson,D., Cromie, S., Mc. Gowan, P. and Hill, J., 2007. Marketing And Entrepreneurship in SMEs – An Innovative Approach, London : Prentice Hall.

Ernani Hadiyati, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Volume 1 No. 3 September 2012 Halaman 135-151

Emine Rdogan, Dapat Uslay, 2014, Peran mediasi pemasaran kewirausahaan sadar ( MEM) antara produksi dan konsumsi : Journal of Research in Pemasaran dan Kewirausahaan: Vol 16, No 1

Hultman, Miles, Morgan, 2008. The Evaluation and Development of Entrepreneurial Marketing.Journl of Small Business management, Vol46, Issue 1, P99-112.

Hadiyati, E., 2008. Model Pemasaran dalam Pem-berdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana, Vol 5, No. 1 Juni.

Hills, Gerald, 2008.Marketing and Entrepreneurship, Research Ideas and Opportunities.Journal SMEs of Research Marketing and Entre-preneurshipVol. 2 No. 4

Michelle Renton , Urs Daellenbach , Sally Davenport , James Richard , (2015) "Kecil tapi canggih: pemasaran Wirausaha dan UKM pendekatan untuk manajemen merek",Jurnal Penelitian Pemasaran dan Kewirausahaan, Vol. 17 Iss: 2, pp.149 – 164

Psomas, E. L., Fotopoulos, C. V, & Kafetzopoulos, D. P. (2011). Motives , difficulties and benefits in implementing the ISO 14001 Environmental Management System. Management of Environmental Quality: An International Journal, 22(4), 502–521. doi:10.1108/14777831111136090

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), 2004-2009. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2005 entang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Jakarta, Sinar Grafika.

Mujiyana, J@TI Undip, Vol VII, No 3, September 2012

Piercy, N. F., Cravens, D. W., & Morgan, N. A. (1998). Salesforce Performance and Behaviour‐Based Management Processes in Business‐To‐Business Sales Organizations. European Journal of Marketing, 32(1/2), 79-100. doi:10.1108/03090569810197480

Scarborough, N.M., and T.W. Zimmerer, 2005.Essentials of Entrepreneurship and small business management 4 h Edition. Upper Saddle River, Nj: Prentice Hall,Inc.

Stokes, D., 2007, Putting Entrepreneurship Into Marketing, Journal of Research in Marketing & Entrepreneurship: Vol. 2 No. 1: Spring 2000

Swastha D.H. dan Irawan, 2008.Manajemen Pemasaran Modern.Edisi ke 13 BPFE Yogyakarta.

Sri Nastiti Andharini, Ekonomika-Bisnis Vol. 03 No.2 Bulan Juli Tahun 2012, Hal 121-130

Kementerian Negara Koperasi & UMKM, 2006, Revitalisasi Koperasi & UMKM sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan.


DOI: 10.24127/jm.v13i2.395

Article Metrics

Abstract view : 7701 times
PDF - 6956 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.