ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN DAN BRAND AWARENESS PROGRAM PASCASARJANA IIB DARMAJAYA DI BANDAR LAMPUNG

Muhammad Saputra, Viola De Yusa

Abstract


Program pascasarjana IIB Darmajaya merupakan peluang bisnis yang potensial, Berdasarkan data pangsa pasar jumlah mahasiswa pascasarjana periode 2015-2017, jumlah pangsa pasar program pascasarjana IIB Darmajaya hanya sebesar 4%. Data grafik jumlah mahasiswa baru pascasarjana IIB Darmajaya pada tahun 2009 terus mengalami kenaikan sampai dan penurunan terjadi pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 dengan jumlah mahasiswa baru hanya 75 mahasiswa. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik kuota dan purposive sampling. Metode analisis data untuk mengukur efektivitas Iklan menggunakan CRI dan mengukur kesadaran merek menggunakan Analisis Kesadaran Merek

Hasil  Pada perhitungan CRI hasil analisis efektivitas iklan program pascasarjana IIB Darmajaya pada skala tingkatan efektivitas iklan cukup efektif.  Pada perhitungan Brand Awareness pada tingkatan Top Of Mind Program Pascasarjana IIB Darmajaya menempati urutan ke 3. Pada tingkatan Brand Recall Program Pascasarjana IIB Darmajaya belum mampu di ingat sebagai jawaban pertama setelah pertanyaan Top Of Mind oleh responden. Pada tingkatan Brand Recognition responden sudah mengetahui keberadaan Program Pascasarjana IIB Darmajaya. Pada tungkatan unaware brand terdapat 6 responden belum mengetahui program pascasarjana IIB Darmaajaya.

Kata Kunci : Iklan, Kesadaran Merek, Pascasarjana, IIB Darmajaya


Full Text:

PDF

References


Assuari, S. (2007). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Durianto D, Sugiarto, A.W. Widjaja dan H. Supratikno. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Durianto, dkk. 2004. Brand Equity Ten. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu

Kotler, P. dan K.L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi ke-12 Jilid 1. PT Indeks, Jakarta

Kotler, P. dan K.L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi ke-13 Jilid 2. Erlangga, Jakarta

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lovelock, C.H. dan L.K. Wright. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Index: Jakarta

Mahendro, Guntur. 2015. Analisis pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived quality dan Bran loyalty Terhadap Purchase Intention Laptop Acer Di Ponogoro. Skripsi

Sadat, Andi. 2009. Brand Belief Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta : Salemba Empat

Shimp, T.A. 2003. Periklanan dan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (terjemahan). Erlangga, Jakarta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Suthiar, M.A. (2006). Analisis Strategi Pemasara Media Masa Islam pada Majalah Suara HidayatullaI. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

Tjiptono, F.2005, Brand Management & Strategy, Cetakan 1, Yogyakarta: Andi Offset


DOI: 10.24127/jm.v13i2.392

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 490 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats