INVESTIGASI TRANSAKSI PEMBAYARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENCIPTAKAN BISNIS BERKELANJUTAN
Abstract
Peningkatan ekonomi masyarakat serta pemberdayaan potensi wilayah, menjadi dampak perkembangan pariwisata. Beberapa peluang bisnis muncul seperti: akomodasi, biro perjalanan, kerajinan, transportasi, hingga merangsang munculnya pelaku UMKM. Berbagai saluran serta teknologi mendorong munculnya situasi kompetitif. Berbagai kemudahan diberikan seperti layanan cash less. Penelitian ini bertujuan membuka selubung implementasi pembayaran berbasis digital pelaku UMKM. Jenis penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam studi ini. Sebanyak 97 pelaku usaha dipilih berdasarkan tabel krejcie. Penentuan sampel diperkuat dengan persyaratan yang digunakan antara lain: 1) berskala mikro dan kecil, 2) memiliki portal transaksi digital, dan 3) memiliki legalitas usaha. Pengumpulan data menggunakan kuisioner serta wawancara. Data dianalisa menggunakan metode Interpretative Phenomenology Analysis (IPA) dan teknik triangulasi sebagai validasi data. Hasil penelitian menunjukan jika responden memiliki presepsi positif terhadap penggunaan transaksi digital. Beberapa instrumen digunakan dalam riset ini antara lain: manfaat penggunaan, kemudahan penggunaan serta resiko penggunaan. Nilai manfaat serta kemudahan penggunaan dijadikan panduan dalam meningkatkan jumlah transaksi. Disisi lain, pelaku usaha perlu mempertimbangkan munculnya berbagai resiko melalui peningkatan pengetahuan serta keterampilan. Hasil ini diharapkan mampu menjadi literasi bagi pelaku UMKM dalam memperkuat pengelolaan bisnis. Penelitian berikutnya dapat berfokus pada pengaruh pembayaran digital dalam merangsang jumlah transaksi.
Kata kunci: Berkelanjutan, Bisnis, Teknologi, Transaksi, UMKMFull Text:
PDFReferences
Abbu, H. R., & Gopalakrishna, P. (2021). Synergistic effects of market orientation implementation and internalization on firm performance: Direct marketing service provider industry. Journal of Business Research, 125, 851–863. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.06.004
Aboul-Dahab, S. A.-E., & Saied, B. (2021). The influence of green human resources practices on sustainable performance in the Egyptian hotels. International Journal of Customer Relationship Marketing and Management, 12(4), 1–16. Scopus. https://doi.org/10.4018/IJCRMM.2021100101
Adhitya, T. E. (2023, September 4). Wow, UMKM Kota Mojokerto Jadi Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi Kedua Terbesar. https://mojokerto.inews.id/. https://mojokerto.inews.id/read/341638/wow-umkm-kota-mojokerto-jadi-penyumbang-pertumbuhan-ekonomi-kedua-terbesar
Aditya, D., Ikka, N. D., & Deliya, E. (2020). Analisis Sikap Kosumen Dalam Membeli Produk Keripik Tela Ungu Merek Ganesa di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Jurnal Agrimas : Pengabdian Masyarakat Bidang Pertanian, 4, 46–53.
Admin. (2022, January 12). Intip Penghargaan Yang Dianugerahkan Kepada BUMDes Mutiara Welirang, Mulai Tingkat Provinsi Hingga Nasional. BUMDES Mutiara Welirang. https://www.bumdesamutiarawelirang.com/2022/12/intip-penghargaan-yang-dianugerahkan-kepada-bumdes-ketapanrame.html
Aleksushin, G. V., Ivanova, N. V., & Solomina, I. J. (2020). The use of technology of digital economy to create and promote innovative excursion products. Conference on Digital Transformation of the Economy: Challenges, Trends and New Opportunities, 2018, 908, 404–410. https://doi.org/10.1007/978-3-030-11367-4_39
Almeida, S., & Campos, A. C. (2021). New avenues for business competitiveness: The case of a community of practice in the hotel sector. International Journal of Culture, Tourism, and Hospitality Research. Scopus. https://doi.org/10.1108/IJCTHR-12-2020-0285
Arisanti, Y., & Sulistyo, A. (2025). Analisa Strategis pada Industri Pendukung Pariwisata dalam Menciptakan Bisnis Berkelanjutan. Jurnal Riset Ekonomi, 4(4), 1019–1028.
Bhaduri, K., & Pandey, S. (2019). Sustainable smart specialisation of small-island tourism countries. Journal of Tourism Futures, 6(2), 121–133. https://doi.org/10.1108/JTF-01-2019-0010
Bolici, F., Acciarini, C., Marchegiani, L., & Pirolo, L. (2020). Innovation diffusion in tourism: How information about blockchain is exchanged and characterized on twitter. TQM Journal. https://doi.org/10.1108/TQM-01-2020-0016
Creswell, J. H. (n.d.). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Djamil, F. D., & Sulistyo, A. (2023). Implementasi Virtual Reality Dalam Pemasaran Pariwisata (Studi Pada Taman Pintar Dan Play Both). Journal of Information System Management (JOISM), 5(1), 33–39. https://doi.org/10.24076/joism.2023v5i1
Druzhynina, V., Likhonosova, G., Lutsenko, G., & Kushal, I. (2020). Innovative technology in terms of socio-economic value diffusion: Accounting and analytical support. European Journal of Sustainable Development, 9(3), 476–489. https://doi.org/10.14207/ejsd.2020.v9n3p476
Fatmawati, I., & Sulistyo, A. (2022). Peningkatan Daya Saing Objek Wisata Berbasis Masyarakat melalui Strategi Digital Marketing. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 6 No. 2, 383–391. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.12400
Firmansyah, M. Z., Sulistyo, A., & Soeroso, A. (2023). Analisis Fishbein Dalam Menciptakan Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan (Studi Pada Museum Kotagede). Jurnal Ilmiah METANSI, 7(1), 28–38. https://doi.org/10.57093/metansi.v7i1.243
Fox, H. K., & Swearingen, T. C. (2021). Using a difference-in-differences and synthetic control approach to investigate the socioeconomic impacts of Oregon’s marine reserves. Ocean and Coastal Management, 215. Scopus. https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2021.105965
Hartatik, Firdaus, N., & Aziz, A. (2021). Go-Payment: Towards Cashless Payment System for Smart Village Application in Indonesia. Int. Conf. Cybern. Intell. Syst., ICORIS. 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent Systems, ICORIS 2021. Scopus. https://doi.org/10.1109/ICORIS52787.2021.9649644
Izzi, M. F., Sulistyo, A., & Soeroso, A. (2024). Implementasi Analisis Fishbein Dalam Menciptakan Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Museum Sunan Giri. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 12(1), 33–44. https://doi.org/10.33508/jrma.v12i1.1350
Junaidi, M. (2024, November 4). Umkm Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/curup/id/data-publikasi/artikel/2885-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html.
Kumar, V., Nim, N., & Agarwal, A. (2021). Platform-based mobile payments adoption in emerging and developed countries: Role of country-level heterogeneity and network effects. Journal of International Business Studies, 52(8), 1529–1558. Scopus. https://doi.org/10.1057/s41267-020-00346-6
Kusumawati, F. D., & Sulistyo, A. (2024). Optimalisasi Green Human Resource Management Dalam Meningkatkan Kinerja Pengelolaan Bisnis Perhotelan (Sebuah Studi Literature). Jurnal Manajemen Diversifikasi, 4(2), 519–536. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v4i2.5537
Mulvey, M. S., Lever, M. W., & Elliot, S. (2020). A Cross-National Comparison of Intragenerational Variability in Social Media Sharing. Journal of Travel Research, 59(7), 1204–1220. https://doi.org/10.1177/0047287519878511
OECD. (2020, April 3). OECD Tourism Trends and Policies 2020. OECD Tourism Trends and Policies 2020. https://www.oecd-ilibrary.org/urban-rural-and-regional-development/oecd-tourism-trends-and-policies-2020_6b47b985-en
Pramukti, R. T., Sulistyo, A., & Soeroso, A. (2024). Analisis Sikap Wisatawan Dalam Menciptakan Pengelolaan Berkelanjutan (Studi Pada Pantai Mesra Gunungkidul). Jurnal Ilmu Sosial Manajemen, Akuntansi dan Bisnis (JISMAB), 5(2), 215–228. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i2.1721
Ristanti, R., & Sulistyo, A. (2025). Konsistensi Strategi Pemasaran dalam Mendukung Penciptaan Bisnis Umkm Berkelanjutan. Jurnal Riset Ekonomi, 4(4), 1065–1076.
Rogers, E. (1983). Diffusion of innovations (3rd ed, p. 453). Free Press ; Collier Macmillan.
Salindri, Y. A., Sulistyo, A., Annisa, R. N., Hadianto, F., & Arifkusuma, M. B. (2022). Pemberdayaan UKM YAD Blangkon Yogyakarta Melalui Pemasaran Berbasis Digital Sebagai Upaya Menembus Pasar Global. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, Vol.1No. 4, 41–46.
Setya, A. D., Sulistyo, A., & Christiatmani, M. (2024). Optimalisasi Layanan Guest Service Center Dalam Menciptakan Kepuasan Tamu (Studi Pada Gumaya Tower Hotel Semarang). Jurnal Manajemen Diversifikasi, 4(2). https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v4i2.5465
Shannon, R. W. (2010). Globalization in Busan and beyond: Solving problems in international trade, transport and tourism through applied social science. Journal of International Logistics and Trade, 8(2), 3–32. https://doi.org/10.24006/jilt.2010.8.2.3
Sharma, A., Sharma, S., & Chaudhary, M. (2020). Are small travel agencies ready for digital marketing? Views of travel agency managers. Tourism Management, 79. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2020.104078
Smith, J., flower, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative Phenomenological Analysis: Theory, Method and Research (Vol. 6, pp. 347–347). Routledge: Taylor and Francis group. http://dx.doi.org/10.1080/14780880903340091
Sulistyo, A., Danella, D., & Susiyanto, S. (2023). Application of the Concept of Diffusion of Innovations in Tourism Support Business Sustainability (Study at Loempia Lanny Semarang. Journal Majalah Bisnis & IPTEK, 16(1), 82–96. https://doi.org/10.55208/bistek.v16i1.364
Sulistyo, A., Fatmawati, I., & Nuryakin, N. (2022). Creating Sustainable Tourism Through Innovation (Digital-Based Marketing In The Tinalah Rural Tourism). Proceedings of the International Academic Conference on Tourism (INTACT), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 400–416. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-73-2_29
Sulistyo, A., Fatmawati, I., & Nuryakin, N. (2023). Community-Based Village Management Independence in Effort to Create Sustainable Tourism (Panglipuran Tourism Village Phenomena). E3S Web of Conf., 444(Sustainable Agriculture), 12. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202344401013
Sulistyo, A., & Salindri, Y. A. (2019). Analisa Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Sarana Transportasi Dalam Upaya Menciptakan Kawasan Wisata Terintegrasi Di Yogyakarta. Studi Kasus: Taman Sari, Kraton, Titik Nol Kilometer Dan Malioboro. Jurnal Kepariwisataan, 13.
Sulistyo, A., Suhartapa, & Annisa, R. N. (2022). Pengaruh Narasi Produk Dan Foto Produk Terhadap Presepsi Kualitas Dan Minat Beli Wisatawan Melalui Portal Digital Agoda. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9 No 2, 18–38. https://doi.org/10.32477/jrm.v9i2.455
Sulistyo, A., Yudiandri, T. E., Ernawati, H., & Adianto, A. (2022). Literasi Digital Pelaku UMKM Dalam Upaya Menciptakan Bisnis Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan APMD, Volume 1, No 2, 87–103. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.197
Suryaningsih, I. B., Wulandari, G. A., Nugraha, K. S. W., Paramita, C., & Yuri, Q. I. B. (2020). Digital marketing tools or e-wom? Tourists motivation to enjoy the charm of blue fire on ijen crater ecotourism. Journal of Environmental Management and Tourism, 11(4), 802–808. https://doi.org/10.14505/jemt.v11.4(44).03
Taraniuk, L. M., Kobyzskyi, D. S., & Thomson, M. (2018). Estimation of the marketing potential of industrial enterprises in the period of re-engineering of business processes. Problems and Perspectives in Management, 16(2), 412–423. Scopus. https://doi.org/10.21511/ppm.16(2).2018.37
Troisi, O., Visvizi, A., & Grimaldi, M. (2023). Digitalizing business models in hospitality ecosystems: Toward data-driven innovation. European Journal of Innovation Management, 26(7), 242–277. https://doi.org/10.1108/EJIM-09-2022-0540
Waluyo, D. (2024, September 4). UMKM Indonesia Makin Kuat: Program Level Up 2024 Siap Dorong Digitalisasi Bisnis. https://indonesia.go.id/. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8587/umkm-indonesia-makin-kuat-program-level-up-2024-siap-dorong-digitalisasi-bisnis
Xu, Q., Cai, M., & MacKey, T. K. (2020). The illegal wildlife digital market: An analysis of Chinese wildlife marketing and sale on Facebook. Environmental Conservation, 47(3), 206–212. https://doi.org/10.1017/S0376892920000235
Yudiandri, T. E., Sulistyo, A., Kusumawati, F. D., Sudanang, E. A., & Djamil. (2024). Kesiapan UKM Dalam Mengadopsi Layanan Pembayaran Berbasis Digital (Studi Pada Industri Pendukung Pariwisata). Jurnal Sosial Ekonomi Humaniora, 10(4), 614–624. https://doi.org/10.29303/jseh.v10i4.417
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.