ANALISIS INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI KOTA BENGKULU

Herry Novrianda, Aan Shar, Abdur Rahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi responden terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing UMKM di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu judgemental (purposive) berjumlah 140 responden yang merupakan pemilik/ pelaku dan karyawan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data digunakan kuesioner/ angket dengan metode analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode rata-rata (mean) dan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM di Kota Bengkulu cenderung lebih fokus pada inovasi produk dalam bentuk perluasan produk dan peniruan produk yang sudah ada, dengan sedikit penekanan pada pengembangan produk yang benar-benar baru. Dalam hal keunggulan bersaing, UMKM di Bengkulu menunjukkan kekuatan dalam aspek produksi dan keterampilan, namun masih memiliki tantangan dalam pengelolaan pembiayaan dan waktu pemasaran produk. Secara keseluruhan, meskipun UMKM di Kota Bengkulu menunjukkan performa yang cukup baik, ada beberapa area yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar.

Kata kunci: Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, UMKM


Full Text:

PDF

References


Al khaqqoh Istifa, M. (2024). Peran Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan Di Pasar Global. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13760-13765.

Aydin, S., Cetin, A. T., & Ozer, G. (2007). The relationship between marketing and product development process and their effects on firm performance. Academy of Marketing Studies Journal, 11: 53-68.

Chuwiruch, N., Jhundra-Indra, P., & Boonlua, S. (2015, July). Marketing innovation strategy and marketing performance: a conceptual framework. In Allied Academies International Conference. Academy of Marketing Studies. Proceedings (Vol. 20, No. 2, p. 82). Jordan Whitney Enterprises, Inc.

Clark, B. H. & Montgomery, D. B. (1999). Managerial identification of competitors. Journal of Marketing, 63(3), 67-83.

Damanpour, F., Walker, R. M., & Avellaneda, C. N. (2009). Combative effects of innovation types and organizational performance: A longitudinal study of service organizations. Journal of Management Studies, 46(4), 650–675.

Day, G. S. & Nedungadi, P. (1994). Managerial representations of competitive advantage. Journal of Marketing, 58(2), 31-44.

Farliana, N., Murniawaty, I., & Munafitri, C. H. (2021). Membangun Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kapabilitas Pemasaran. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(2), 257-275.

Gunday, G., Ulusoy, G., Kilic, K., & Alpkan, L. (2011). Effects of innovation types on firm performance. International Journal of Production Economics, 133(2), 662–676.

Hair, F. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. Pearson Prentice Hall.

Kemp, R. G., Folkeringa, M., De Jong, J. P., & Wubben, E. F. (2003). Innovation and firm performance (No. H 200207). Zoetermeer, The Netherlands: EIM.

Kim, S. (2013). Measuring firm-level innovation capability of small and medium sized enterprises with composite indicators. Academy of Entrepreneurship Journal, 19(3), 1–24.

Kotler, P. (2005). The role played by the broadening of marketing movement in the history of marketing thought. Journal of Public Policy & Marketing, 24(1), 114-116.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. 17 ed. Cincinnati: Pearson Higher Education.

Lukas, B. A., & Ferrell, O. C. (2000). The effect of market orientation on product innovation. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 239–247. https://doi.org/10.1177/0092070300282005.

Mardikaningsih, R. (2023). Strategi Inovasi Dan Pemasaran Media Sosial Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Umkm Di Kota Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 6(2), 58-67.

Oliver, R. W. (2000). Real Time Strategy: Sustainable Competitive Advantage?. Journal of Business Strategy, 21(6), 7-9.

Ostrom, A. L., Bitner, M. J., & Brown, S. W. (2010). Moving forward and making a difference: Research priorities for the science of service. Journal of Service Research, 18(2), 127–159.

Prajogo, D. I. (2006). The relationship between innovation and business performance - A comparative study between manufacturing and service firms. Knowledge and Process Management, 13(3), 218-225.

Puspitasari, R. H. U. (2015). Orientasi pasar dan inovasi produk sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan mebel Jepara. Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi Tahun 2015.

Putri, S. M., Demiyawati, D., & Hariadi, H. (2020). Pengaruh Keunggulan Bersaing dan Kompetensi KewirausahaanTerhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Studi Empiris pada UMKM di Kabupaten Rokan Hilir). Journal of Public and Business Accounting, 1(2), 43-53.

Saiman, L. (2014). Kewirausahaan (Teori, Praktik, dan Kasus-kasus), edisi kedua. Salemba Empat, Jakarta.

Subramanian, A., & Nilakanta, S. (1996). Organizational innovativeness: Exploring the relationship between organizational determinants of innovation, types of innovations, and measures of organizational performance. Omega, 24(6), 631–647.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahrial, H., & Nofriza, B. (2022). The effect of market orientation and product innovation on performance-mediated competitive advantage marketing (Case study of MSME Boutiq women in Medan market center). International Journal of Applied Finance and Business Studies, 10(1), 23-30.

Taques, F. H., López, M. G., Basso, L. F., & Areal, N. (2021). Indicators used to measure service innovation and manufacturing innovation. Journal of Innovation & Knowledge, 6(1), 11-26.

Wang, Z., & Wang, N. 2012. Knowledge sharing, innovation and firm performance. Expert Systems with Applications, 39(10): 8899-8908.


DOI: 10.24127/jm.v19i2.2485

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.