ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK BRAND IMAGE PADA PRODUK MADAME GIE

Viola De Yusa, Ryadini Riyan Utami, Suwandi Suwandi, Rohmawati Rohmawati

Abstract


Perkembangan Industri Kecantikan di Indonesia cukup pesat dalam beberapa tahun ke belakang, hal tersebut karena didasarkan oleh berbagai macam tren kecantikan yang turut mempengaruhi pola konsumen di Indonesia. Industri kosmetik merupakan salah satu industri yang sedang mengalami perkembanganpesatdiIndonesia karena industri kosmetik mempengaruhi cara pandang wanita terhadap definisi kecantikan dan menjadikan kaum wanita rela mengeluarkan biaya untuk perawatan kecantikan dengan menggunakan kosmetik Penelitianini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk brand image. Jenis penelitian ini merupakan pene1itian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen perempuan yang pemah membeli produk Madame Gie dan followers instagram Madame Gie. Jumlah sampel dari penelitian inisebanyak l00 sampel.Teknik pengambilan sampel adalah dengan non probability samplingmenggunakan teknik purposive sampling dan metode analisis data yang digunakan adalah Cochran Q test. Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwaada10 atributyang membentukbrand image MadameGiedibenakkonsumenyaitu:Harga kosmetikMadameGie dapat di jangkausemua kalangan,HargakosmetikMadameGierelatifsesuaidengankualitasproduk, danbahannyaamanuntukkulit,Konsumenmemilihproduk MadameGiekarenamempunyaireputasiprodukyangbagus,memiliki banyak varian produk,Konsumenmemilih produk Madame Gie karena citraperusahaansudahbaikdapatdigunanakandalam jangkawaktupanjang,memberikankenyamanandisetiap produknya, memberikankesanpositifkepadakonsumen, dan penggunaannyamudah diaplikasikan.Secara keseluruhan perusahaan diharapkan mampu mempertahankan model kemasan dan ketahanan produk, sehingga dapat tetap menjaga reputasi perusahaan yang sudah baik dan diharapkan mampu mempengaruhi persepsi konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan produknya.Kualitas produk dan bahan produk Madame Gie aman untuk kulit dapat diperhatikan dan ditingkatkan guna menambah kepuasan pengguna produk Madame Gie.Perusahaan diharapkan memperhatikan 10 atribut pembentuk citra merek tersebut dalam penyusunan berbagai strategi perusahaan.

Kata kunci: Produk, Brand Image, Madame Gie

Full Text:

PDF

References


Adha, B., & Suryawardani, B. (2018). Analisis Brand Image Pada Produk Aqua Di Kota Bandung Tahun 2017. E-Proceeding of Applied Science, 4(2), 253258. Retrieved from www.aqua.com,

Algustin, W., & Matoati, R. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Ulang Produk Emina Pada Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 27(1).

Amalia Hasanah, & Komalasari, E. (2021). Analisis Citra Merek (Brand Image) Pada Kfc Cabang Sudirman Pekanbaru. Valuta, 7(1), 3745.

Any, S., & Munandar, I. (2021). Analisis Perbandingan Citra Merek Produk Kosmetik Wardah Dengan Kosmetik La Tulipe Di Kota Bima. Economy Deposit Journal (E-DJ), 3(1), 4551. https://doi.org/10.36090/e-dj.v3i1.1009

Dwinanda, S., & Rachmawati, I. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wardah Pada Generasi Y. JURNAL SeMaRaK, 4(2), 98. https://doi.org/10.32493/smk.v4i2.10994

Jmk, H. M. (2010). Aswin dan Hafiz Masturi JMK, Vol. 8, No. 1, Maret 2010, 8(1), 7294.

Nurrohmah, S., Zaini, O. K., Yudha, A. P., & Purbasari, D. M. (2021). Analisis Perbandingan Citra Merek Produk Kosmetik Dalam Negeri dan Luar Negeri (Studi Kasus Pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Di Kota Bogor). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 6(4).

Poha, F. R., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2021). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pengunjung Kopi Dari Hati Marisa). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 86104. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.336

Sari, N. (2018). Analisis Brand Image The Coffee Cafe Bandar Lampung. Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 18.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV alfabeta.


DOI: 10.24127/jm.v17i2.1814

Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.