ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Suwarto Suwarto, Suharto Suharto

Abstract


Abstrak

 

Penilaian ini bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas layanan pegawai Administrasi Akademik terhadap kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible ( bentuk fisik ), emphaty ( kemampupahaman ), reliability ( Kehandalan ), responsiveness ( Daya Tanggap ) dan assurance ( Jaminan ) terhadap peningkatan kepuasan baik secara simultan ( bersama-sama ) maupun secara persial (satu persatu ) pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro.

 

Lokasi yang dijadikan sebagai obyek penelitian adalah Universitas Muhammadiyah Metro yang menyiapkan fasilitas pelayanan administrasi akademik terhadap mahasiswa keseluruhan butir pernyataan dinyatakan valid, sehingga dapat dipergunakan sebagai instrumen dalam penelitian selanjutnya. Uji Reliabilitas nilai Cronbach’s alpha jauh lebih besar dari 0,281 dengan demikian jika dikonsultasikan dengan nilai r Product Moment dengan dk = N-1 = 50-1 = 49 dengan signifikan 5% variabel Bukti Fisik diperoleh rhitung = 0,786, variabel Kemampupahaman diperoleh rhitung = 0,779, variabel Kehandalan diperoleh rhitung = 0,792, variabel Daya Tanggap diperoleh rhitung = 0,901, variabel Jaminan diperoleh rhitung = 0,728, sedangkan rhutung Kepuasan Mahasiswa diperoleh = 0,920. Jadi dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel tersebut memiliki reliabel yang tinggi, maka instrumen dapat digunakan untuk penelitian.

 

Korelasi berganda antara variabel Bukti Fisik, Kemampupahaman, Kehandalan, Tanggapan, dan Jaminan, terhadap Kepuasan Mahasiswa adalah sebesar 0,507. Nilai ini memberikan arti bahwa model memiliki tingkat pengaruh sebesar 50.7% terhadap variabel Kepuasan Mahasiswa. Koefisien determian sebesar 0,257 menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas mampu menjelaskan sebesar 25,7 persen terhadap variabel terikat, 73,3% dujelaskan oleh variabel lainnya. Hasil F hitung yang diperoleh sebesar 3,050, nilai Ftabel dengan dk pembilang k = 2 dan dk penyebut n-k-l = 50-2-1 = 47, tingkat kepercayaan 95% (α=0,05) diperoleh nilai Ftabel = 2.30. Karena nilai Fhitung lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel maka Hodi tolat dan Ha di terima.

Uji t menunjukkan bahwa koefisien kelima variabel bebas tersebut ternyata yang mempunyai pengaruh paling tinggi adalah Jaminan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan koefisien regresi sebesar 0,787.

Kata Kunci : Bukti Fisik, Kemampupahaman, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Kepuasan Mahasiswa.


Full Text:

Untitled

References


Hijaz. F. K. L. S. Noelker, H. L. Menne and J. G. Bagaka, (2008). The impact of stress and support on direct careworker’s job satisfaction. The Gerontologist, 48.

Handoko. T. Hani, (2000). Manajemen personalia & Sumberdaya Manusia. Yokyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hasan, (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Badan Penerbit IPWI.

Hasibuan, Malayu SP., (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Ewi. L. I, S, M. Tseng and S. C. Yuan, (2003). Job satisfaction among nurses in a medical centre in Central Tiwan. Chung Shan Medicine Journal, 14. [in Chinese].

Ike Kasdiyah Rachmawati, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Percetakan Andi.

E. A., (1976). The nature and causes of job stisfaction. In M. D. Dunnette (ed.), Handboook of Industrial and Organizational Psychology. Chicago : Rand McNally.

Rezza. N. J., (1993). Determinants of direc-care staff turnover in group homes for individuals with mental retardation. Mental Ratardation, 31.

Standdock, A. J., M. Hill and van C. A. H. Limbeek, (1998). Factors associated with burnout in workers in residential facilities for people with and intellectual disability. Journal of intellectual and developmentsl dissability, 23.

Siswanto, B. Sastrohadiwiryo, (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Jakarta:PT. Bumi Aksara.

Spectur, P. E., (1985). Measurement of human service staff satisfaction : development of the job satisfaction survey. American Journal of Community Psychology, 13.

Sugiyono, (2008). Statistik Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sukardi, (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.


DOI: 10.24127/jm.v7i2.17

Article Metrics

Abstract view : 5 times
Untitled - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Derivatif (P-ISSN: 1978-6573, E-ISSN: 2477-300x)

Kampus I Universitas Muhammadiyah Metro

Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Irigmulyo, Metro Timur, Kota Metro

Phone (+6281369024099) (wartok_umm@yahoo.co.id)

View My Stats

DERIVATIF by Management Study Program UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DERIVATIF is indexed by: (click on the image)

   

Derivatif Stats

Flag Counter