PEMODELAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Transportasi PT. Sriwijaya Air)

Suharto Suharto

Abstract


Memenangkan persaingan perusahaan maskapai penerbangan, terutama perusahaan yang dikelola oleh pihak swasta pada saat ini memang harus mampu bersaing dengan ketat. Persaingan itu tentu saja tidak hanya berlaku bagi perusahaan maskapai antar swasta, akan tetapi juga harus berhadapan dengan maskapai-maskapai milik negara yang memiliki fasilitas lebih kuat, serta kelebihan kemudahan yang tidak akan dimiliki oleh maskapai penerbangan swasta. Maskapai penerbangan Sriwijaya Air menerapkan salah satu strategi dengan cara memberikan pelayanan yang berkualitas. Karena dengan meningkatkan kualitas pelayanan, peluang memberikan jasa penerbangan sesuai dengan harapan pelanggan akan mudah dicapai.

Permasalahan penelitian ini yakni apakah ada pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dan responsiveness, empathy, tangibles, terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari responsiveness, empathy, dan tangibles, terhadap kepuasan pelanggan.

Analisis yang dipakai untuk menganalisis masalah penelitian ini yakni analysis path. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan menggunakan daftar pertanyaan terhadap responden sebanyak 100 orang. Data pendukung dilakukan dengan menggunakan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang dilihat dari dimensi indicator responsiveness, empathy, dan tangibles, baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan pelanggan. Dari keseluruhan variabel eksogen yang di gunakan dalam penelitian ini, variabel yang paling besar pengaruhnya adalah variabel responsiveness.

Key Word: Responsiveness, Empathy, Tangibles, Kepuasan Pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Ardhana, 2008. Penelitian Deskriptif. (Online). (http.//ardhana12.wordpress.com. Diakses,

Desember 2011.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Buehari Alma (2004). http://www.books.google.co.id/Manaiemen_corporate_strategi_ pemasaran_j.html. diakses 23 Januari 2011.

Cynthia A. Utama. 2002. http://www.lontar.ui.ac.id/file?file=digital/127002-6602-Analisisdampak. Di akses 23 Januari 2011.

Data Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Bandar Udara Radin Inten II Lampung.

Ferrinadewi, Oliver (2005). http://www.otomasi.lib.untag-sby.ac.id/index.php. Diakses 7 Januari 2011.

Jonathan Sarwono dan Herlina Budiono. 2012. Statistik Terapan Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. Penerbit PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Kotler, Philip. 2006. Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and Control 9th Edition, Prentice-Hall, New Jersey.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan

Implementasi dan Pengendalian, Alih Bahasa: A.B. Susanto, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Philip. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Ardhana. 2008. Penelitian Deskriptif. (Online), (http.//ardhana12.wordpress.com. Diakses,

Desember 2011.

Lovelock dan Wright. 2005. http://www.bookoopedia.com/Kategori/Manajemen&Bisnis. Diakses 12 Pebruari 2012.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Molengraff. 2012. http://www.gebypixie.wordpress.com/perusahaan-dan-lingkungan-perusahaan/ Diakses 15 Januari 2012.

Payne, Adrian. 2001. Pemasaran Jasa (The Essence of Service Marketing) Terjemahan Fandy Tjiptono, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Polak, John. 2012. http://www.research.cs.ncl.ac.uk/message/test/polak.html. Diakses 11 Pebruari 2011.

Sambas Ali Muhidin, Maman Abdurahman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur Dalam Penelitian. Penerbit: Pustaka Setia, Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2003. Prilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Supranto, Kotler. 2006. http://www.ejournal.sl.undip.ac.id/index.php/ Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan. Diakses 9 Januari 2011.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. http://repository.usu.ac.id/ Diakses 23 Januari 2011.

Tjiptono, Fandy. 2001. Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 1999. https://xa.yimg.com/ . Diakses 12 Maret 2011.

Zeithaml, Valarei A., Mary Jo Bitner. 1996. Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The fim3 rd Ed., Mc Graw Hill, New York.


DOI: 10.24127/jm.v6i1.140

Article Metrics

Abstract view : 1902 times
PDF - 1082 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.