ANALISIS KEPERCAYAAN SUATU BRAND TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA PONSEL NOKIA

Yateno Yateno

Abstract


Tujuan dari  penelitian ini  adalah  untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama maupun secara parsial variabel karakteristik merek,  karakteristik perusahaan, dan karakteristik  konsumen  terhadap  loyalitas  pengguna  ponsel Nokia di Kecamatan    Banjar Agung.

Kepercayaan terhadap suatu merek yang terdiri dari karakteristik produk, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen-merek mempengaruhi loyalitas pada produk ponsel merek Nokia di Kecamatan Banjar Agung.           

Populasi dalam penelitian ini adalah  pengguna ponsel Nokia di Kecamatan Banjar Agung dan telah dilakukan perhitungan sampel yang diperoleh sebanyak 60 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan didapat persamaan Y  = 7,960 + 0,232 X1 + 0,173 X2 + 0,522 X3. Sedangkan untuk menguji hipotesis dibagi menjadi tiga variabel yang diuji. Variabel karakteristik merek mempunyai pengaruh nyata karena t hitung sebesar 2,084 lebih besar dari t tabel sebesar 2,003. Variabel karakteristik perusahaan mempunyai pengaruh nyata karena t hitung sebesar 2,033 lebih besar dari t tabel sebesar 2,003. Variabel karakteristik konsumen-merek mempunyai pengaruh nyata karena t hitung sebesar 5,987 lebih besar dari t tabel sebesar 2,003. Dalam upaya meningkatkan loyalitas merek, pihak perusahaan harus senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Karakteristik konsumen-merek sebagai salah satu variabel yang berpengaruh dominan harus tetap dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan oleh perusahaan.

Kata kunci :  Karakter Produk, Karakter Konsumen-Merek dan Loyakitas Merek.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 1996. Building Strong Brands, The Free Press, New York

Anggela, Anggaraini 2009, Analisis Kontrastif Noru, dengan Bahasa Jepang, Alih Bahasa Indonesia, Skripsi pada UPI Bandung tidak diterbitkan

Ambito, Rio. 2008. Analisis Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Ponsel Nokia Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

Amstrong & Kotler. 2004, Dasar-Dasar Pemasaran, PT Indeks, Jakarta.

Bruhn, Manfred, 2003, Relationship Marketing: Management of Customer Relationships, Prentice Hall, England.

Fombrun, Charles J. 1996. Realizing Value From The Corporate Image. Harvard Business School Press.

Ferdinand, Augusty T.,2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Desertasi, BP Undip, Semarang.

Ferdinand, Anggraini, 2009. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian BP Undip, Semarang.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, BP UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. edisi 3, BP UNDIP, Semarang.

Hillia, Findy.2007. “Analisis Pembentuk Kepercayaan Merek (Trust in

Brand) terhadap Loyalitas Konsumen (Consumer Loyalty):

studi pada berbagai merek Handphone”. Skripsi, Fakultas

Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Irawan, Handi. 2003. Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT. Elek Media Koputindo.

Kotler, Philip.2002.Manajemen Pemasaran (terjemahan).Edisi Millenium, Jilid 1. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Lau, Geok Then and Sook Han Lee. 1999.“Consumers Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty”.

Journal of Market Focused Management.

Lovelock, C.H. 1991. Service Marketing, Second edition. Prentice-Hall Inc.New Jersey.

Mayer, L. & Coleman, J.R., 1985. Organisasi dan Administrasi.

Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Minor, M., & Mowen, J. 2002. Perilaku konsumen (Edisi Kelima Jilid Pertama.). Erlangga. Jakarta.

Peter, Paul. J and Olson, C. Jerry. (1999). Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.Cetakan Keempat. Jilid-1. Erlangga, Jakarta.

Rakhmat, Jamaluddin 2005, Metodologi Penelitian Komunikasi, Remaja Rosda Karya, Bandung

Sugiyono. 1997. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sulaiman, Wahid 2002, Statistik Nonparametik, Contoh Kasus dan Pemecahannya dengan SPSS. Penerbit Andi , Yogjakarta

Swastha DH, Basu dan Sukotjo W, Ibnu. 1995. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Liberty.

Wang, J., Zucker, J.D., 1986 Solving the Multiple-Instance Problem: A Lazy Learning Approach, Proceedings of the 17th International Conference of Machine Learning, San Francisco, CA, 2000.

www.gartner.com


DOI: 10.24127/jm.v7i2.129

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats