ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN PELAKSANAAN PROGRAM SERTIFIKASI PEMBIMBING HAJI DI IAIN METRO

Muhammad Hanafi Zuardi, Dian Oktarina, Iva Faizah

Abstract


IAIN Metro sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Kota Metro yang memiliki jurusan Manajemen Haji dan Umrah. IAIN Metro memberikan perhatian besar para stakeholder dan para penggiat Pembimbing Pelaksana Haji baik itu dikalangan KBIH, Travel dan beberapa PPIH lainnya di kisaran Kota Metro. Biaya yang dikeluarkan untuk menjadi Pembimbing yang Bersertifikasi tidaklah murah. Hal tersebut menjadi aspirasi bagi FEBI IAIN Metro, khususnya Jurusan MHU untuk membuka Program Sertifikasi Pembimbing Haji di Metro. Sehingga rumusan Masalah dalam Penelitian ini tentang analisis peluang dan tantangan pelaksanaan program sertifikasi pembimbing haji di IAIN Metro. Data di analisis menggunakan analisis data induktif dengan pendekatan empiris. Hasil dari Penelitian ini IAIN Metro sangat layak jika memang kedepannya akan ditunjuk oleh pihak Dirjen PHU Kemenag Pusat untuk melaksanakan program sertifikasi pembimbing haji. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya Jurusan MHU di tingkat PTKIN. Disampaikan oleh Rektor sendiri bahwa diperlukan perencanaan yang matang terkait pendanaan yang akan dibebankan dalam program tersebut. Senada dengan yang disampaikan Rektor, pihak Kanwil Kemenag Lampung pun menyetujui hal tersebut. jumlah petugas pembimbing haji di Lampung yang sudah bersertifikasi ini adalah sebanyak 161 orang yang tersebar pada 15 Kabupaten/ Kota diseluruh wilayah Lampung. Jika melihat sebaran data petugas/ pembimbing haji yang bersertifikat, maka masih banyak sekali jumlah pembimbing haji khususnya di wilayah Lampung yang belum bersertifikat. 

Kata kunci: Peluang, Tantangan, Sertifikasi Pembimbing Haji, IAIN Metro


Full Text:

PDF

References


Ajibroto, Kuto, Hendriady de Keizer, dan Dematria Pringgabayu. “Analisis Lingkungan Strategis untuk Meningkatkan Kompetitifitas Produk Perbankan.†Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 9, no. 1 (2018).

Aminah Chaniago, Siti. “Perumusan Manajemen Strategi Pemberdayaan Zakat.†Jurnal Hukum Islam (JHI) 12, no. 1 (Juni 2014).

Amirullah. Pengantar Manajemen. 2 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Anwar, Muhadjir. Manajemen Strategik Daya Saing dan Globalisasi. Purwokerto: Sasanti Institutr, 2020.

Cindy. “Analisis Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Dasar Nurture Spring Jakarta.†Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan 5, no. 1 (1 Januari 2021).

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementerian Agama RI. Pedoman Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji. Jakarta: Direktorat Bina Haji Ditjen PHU, 2017.

“Disampaikan oleh Nizar Ali selaku Sekjen Kemenag, saat memberi pembekalan sertifikasi Pembimbing Ibadah haji yang digelar Kanwil kemenag Provinsi Jambi bekerja sama dengan UIN Sultan Thoha Jambi.,†4 Juli 2022. https://bpkh.go.id/kemenag-minta-pembimbing-haji-harus-punya-sertifikat/.

Effendy. Kamus Komunikasi. Bandung: Mandar Maju, 2012.

Elika Putri Gunawan, Cinthya. “Analsiis Strategi Bisnis Pada PT. Omega Internusa Sidoarjo.†AGORA 5, no. 1 (2017).

Hefniy, dan Refi Najma Fairus. “Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepegawaian.†Jurnal Al-Tahzim: Jurnal Manajemen Pedidikan Islam 3, no. 1 (Maret 2019): 169–97.

Hendayaningrat, dan Soewarni. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Haji Masagung, 2010.

Juliansyah, Eris. “Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten.†Jurnal Ekonomak 3, no. 2 (t.t.): Agustus 2017.

Jumarianto. “Efektifitas Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 (Studi Penelitian Pada Kantor Kecamatan Berambai Kabupaten Barito Kuala).†Universitas Achmad Yani Banjarmasin, t.t.

Nilasari, Senja. Manajemen Strategi itu Gampang untuk Pemula dan Orang Awam. Jakarta Timur: Dunia Cerdas, 14M.

S, Wojowasito. Kamus Umum Belanda-Indonesia. Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1997.

Sari, Eliana. Pertumbuhan dan Efektivitas Organisasi: Mengelola Lingkungan Melalui Penyesuaian Struktur Organisasi. Jakarta Timur: Jayabaya University Press, 2007.

Sedarmayanti. Sumber Daya Manusia dan Produktivias Kerja. Bandung: Mandar Maju, 2012.

Stoner. Manajemen. Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prenhalindo, 2010.

Syamruddin. “Syamruddin, Analisis Peluang dan Tantangan Serta Prospek Bisnis PT CITRA Karsa Intergritas Ditinjau dari Aspek Bauran Pemasaran, Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Humaniora, Vol. 1, No.2, September 2018: 491-503.†Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Humaniora 1, no. 2 (September 2018): 491–503.

Wawancara dengan Bapak Indra Jaya selaku Ka Kemenag Kabupaten Lampung Timur pada tanggal 12 Juli 2022 di Kantor kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur., t.t.

Wawancara dengan Ibu Nuryanah selaku Kasie Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Metro pada tanggal 11 Juli 2022 di ruang kerja Kementerian Agama Kota Metro Lampung., t.t.

Wawancara dengan Pak Radius Selaku ketua KBIH Al Hikmah Kota Metro pada tanggal 04 Juli 2022 di KBIH Al Hikmah Kota Metro Lampung., t.t


DOI: 10.24127/jm.v17i1.1204

Article Metrics

Abstract view : 83 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats