PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET INTERNET XL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian paket internet XL Axiata di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu warga Surabaya yang menggunakan paket internet XL Axiata yang tidak diketahui secara pasti jumlah populasinya. Pengambilan sampel menggunakan metode Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling, sehingga 60 pengguna internet XL Axiata di Kota Surabaya ditetapkan sebagai responden penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan melalui penyeberan kuesioner melalui Google Form kepada responden dengan skala ordinal melalui skala likert dari rentang skor 1 sampai 5. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan teknik analisis data Partial Least Square (PLS) dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji struktural model dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket internet XL Axiata di Kota Surabaya.
Kata kunci: Persepsi Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianFull Text:
PDFReferences
Arizal, G. M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian My Bluebird Di Pangkalan Taksi Blue Bird Stasiun Gubeng Surabaya [Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jawa Timur]. http://repository.upnjatim.ac.id/676/
Choiriyah, W. (2018). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Jaringan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mahasiswa UNY Kampus Wates yang Menggunakan Kartu Internet Indosat). ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 47–57. https://doi.org/10.24269/asset.v1i2.2567
Fahmi, M. Y., & Suwarto, S. (2021). Pengaruh Risiko Pembelian dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Bukalapak (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UM Metro). Jurnal Manajemen Diversifikasi, 1(2), 212-220.
Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.†Jurnal Manajemen Teori dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 20. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134
Ikhwani, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di PT. Smartfren Telecom. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Nugroho, F. A., & Dr. Drs. Agung Yuniarinto MS., C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Internet Telkomsel (Studi Pada Masyarakat Di Kabupaten Kediri). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UNIVERSITAS BRAWIJAYA, 10(1), 14. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7808
Pramudana, K. A. S., & Santika, I. W. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Harga dan Pemasaran Internet Terhadap Pemesanan Ulang Online Hotel di Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10, 2247. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i10.p02
Raharja, C. L. M., & Aksari, N. M. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Dalam Membangun Ekuitas Merek. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(12), 7053. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i12.p08
Rifa’i Bayu, Ni Wayan Eka Mitariani, & I Gusti Ayu Imbayani. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi. Value:Scientific journal for the development of management science published by the Management Study Program of the Faculty of Economics and Business, Mahasaraswati University, Denpasar., 1(4), 1–12. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/1436/1226
Sudirman, A., Alaydrus, S., Rosmayati, S., Syamsuriansyah, S., Nugroho, L., Arifudin, O., Hanika, I. M., Haerany, A., Rusmana, F. D., & Rijal, K. (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya Di Era Digital. Widina Bhakti Persada Bandung.
Ulfi, K., & Hasbi, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Data Internet Pt Indosat Ooredo Di Kota Bandung. 8(4), 3609–3616. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15350
Yanuarita, H. A., & Haryati, S. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kondisi Sosial Budaya Di Kota Malang Dan Konsep Strategis Dalam Penanganannya. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, 2(2), 58. https://doi.org/10.24843/jiwsp.2020.v02.i02.p01
Article Metrics
Abstract view : 171 timesPDF - 155 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal has been indexed by:
Â