IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK MYNITRO PT WIDYA INOVASI INDONESIA – WIDYA ROBOTICS

Devi Ayu Kusmiati, Heidi Arvianti

Abstract


Persaingan dunia usaha yang semakin kompetitif, mendorong perusahaan untuk selalu mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produknya. Demikian halnya dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan Widya Robotics terhadap inovasi produknya, yaitu MyNitro. MyNitro merupakan salah satu produk dari Widya Robotics yang menawarkan pengisian nitrogen dengan memanfaatkan teknologi masa kini. Penelitian ini menggunakan disain penelitian deskriptif yang merupakan prosedur pemecahan masalah yang telah diselidiki dengan menggambarkan keadaan dari subjek ataupun objek penelitian, dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dan analisis SWOT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasannya produk MyNitro telah siap bersaing dengan produk kompetitor dan menjadi brand besar, mengingat adanya perbedaan sistem dan fasilitas yang diberikan sehingga menjadi poin utama dan nilai jual yang tinggi dalam produk MyNitro sendiri, dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki dan meminimalisir kelemahan serta ancaman. Dengan menggunakan strategi pemasaran SO, ST, WO, dan juga WT.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Teknologi, MyNitro, Widya Robotics


Full Text:

PDF

References


Anissa Mayang, S. R. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen , 17(2), 58-70. doi:https://doi.org/10.21831/jim.v17i2

Annur, C. M. (2022, Maret 23). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Retrieved Juli 31, 2022, from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Jumlah%20Pengguna%20Internet%20di%20Indonesia%20(2018%2D2022*)&text=Pada%20Januari%202021%2C%20jumlah%20pengguna,tercatat%20sebanyak%2020

ASTUTI, D. P. (2018). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus pada Pedagang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi Sekampung Lampung Timur). IAIN METRO, Ekonomi Syariah. Lampung: Repository Metrouniv. Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/719/1/SKRIPSI%20DIAN%20PUJI%20ASTUTI.pdf

BPS. (2020). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit), 2018-2020. Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaraan-bermotor.html

DIGITAL 2022: ANOTHER YEAR OF BUMPER GROWTH. (2022, Januari 26). Retrieved from we are social: https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/

Ningrum, C. K. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMASANG IKLAN (Studi Kasus Radio Perkasa FM Tulungagung). UIN SATU Tulungagung, Ekonomi Syariah. Tulungagung: Institutional Repository of UIN SATU Tulungagung. Retrieved from http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11486

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(3), 395-406.


DOI: 10.24127/jm.v17i1.1010

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats