ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN PIUTANG DALAM MEMINIMALISIR PIUTANG MACET PADA PT PLN (PERSERO) UP3 TANJUNG KARANG

Khairudin Khairudin, Iskandar Ali Alam, Kania Senja Pangestu

Abstract


Pengelolaan piutang penting bagi entitas karena dapat berdampak positif pada efektivitas arus kas, peningkatan profitabilitas, peningkatan likuiditas, dan peningkatan kinerja keuangan entitas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai strategi pengelolaan piutang untuk meminimalisasi piutang macet di kemudian hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara menganalisis strategi pengelolaan piutang PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Karang meliputi analisis atas standar kredit, persyaratan kredit, kebijakan pengumpulan piutang, dan rasio pengukuran piutang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entitas telah memiliki strategi pengelolaan piutang yang baik, yang ditunjukkan dengan adanya standar kredit dan persyaratan kredit yang jelas dan berlaku secara nasional, adanya penerapan kebijakan pengumpulan piutang yang berdampak positif pada rasio pengukuran piutang yang baik. Kondisi ini tentunya harus dipertahankan/ditingkatkan dengan cara (1) meningkatkan komitmen seluruh pegawai untuk selalu melaksanakan pekerjaan sesuai SOP yang ada; (2) melakukan kegiatan grebek tunggakan yang berkolaborasi dengan seluruh pegawai terkait; dan (3) meningkatkan program migrasi listrik pascabayar ke prabayar.

Kata kunci: Strategi Pengelolaan Piutang, Piutang Macet

Full Text:

PDF

References


Amna, L.,S., Aminah, A., Khairudin, K., Soedarsa, H., G., & Pribadi, H. K. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Financial Distress. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 12(2), 88-99.

Ardiprawiro. (2015). Dasar Manajemen Keuangan. Universitas Gunadarma. Jakarta.

Daryati, E. (2021). Efektivitas Pengelolaan Piutang, Pengendalian Piutang, dan Perputaran Piutang pada Koperasi Sagurisi Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Sains, 1(2), 146–153.

Fred, R. D., & Forest, R. D. (2016). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Penerbit Salemba. Jakarta.

Harrison, W. T., Horngren, C. T., & Thomas, C. W. (2014). Financial Accounting. Pearson Education. New York.

Indriani, D., Ilat, V., & Suwetja, I. (2017). Pengaruh Perputaran Piutang dan Arus Kas Terhadap Likuiditas PT. Astra Internasional.Tbk. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(1), 136–144.

Mitayani, D. (2016). Analisis Piutang Tak Tertagih Terhadap Tingkat Perputaran Piutang Pada CV. Berlian Abadi Di Surabaya. Doctoral Dissertation Universitas Narotama.

Muliani, L. E., Yuniarti, G. A., & Sinarwati, K. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responcibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 2(1), 1–10.

Nugraha, A. P. (2019). Analisis Pengaruh Piutang Tak Tertagih Terhadap Profitabilitas Pada Cabang PT. Mino Perkasa Motor Di Tanjung Balai Karimun. Khazanah Ilmu Berazam 2, 149–159.

Paramita, E. (2019). Analisis Penyebab Piutang Tak Tertagih dan Dampaknya Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Corn Dryer Gowa Financial and Accounting Departement. Doctoral Dissertation Nobel Indonesia Institute.

PT. PLN. (2021). Pedoman Perilaku dan Etika Bisnis PLN.

Warganegara, T., L., P., & Septiadi., S. (2021). Analisis Pengambilan Keputusan Strategi Peningkatan Penjualan Dalam Upaya Pencapaian Target Pada PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Karang. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 219-228.

Sara, K. (2016). Pengelolaan Piutang Ragu-Ragu Pada PT. PLN (Persero) Rayon Medan Selatan. Jurnal Ekonomi, 2(1), 41–49.

Suprihatin, N., & Nasser, E. (2016). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang Usaha, Perputaran Persediaan Dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 3(2), 66–83.

Suryana, K., D., Sinarwati, N., K., & Sulindawati, N. L. (2015). Analisis Tingkat Perputaran


DOI: 10.24127/jm.v16i2.1005

Article Metrics

Abstract view : 1341 times
PDF - 887 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.