Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan: Studi Kuantitatif di @Mjakitchens.Id

Achmad Mustofa, A Razak, Amiruddin Hasan, Amrusi Amrusi, Musfiana Musfiana, Maqhfirah Maqhfirah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada usaha @Mjakitchens.id di Kecamatan Blangpidie. Metode penelitian melalui pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada usaha @Mjakitchens.id. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 80 orang diambil dengan teknik sampling insidental. Teknik analisis yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen ialah analisis regresi linear berganda, serta uji T dan uji F untuk membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh hasil persamaan Y= 11,713 + 0,217X1 + 0,498X2+ e. Nilai koefisien determinasi menunjukkan pengaruh dari kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,618 atau 61,8%. Selanjutnya uji T pada taraf signifikansi 5%, variabel kualitas produk memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 4.918 > 1,66488. Variabel kualitas pelayanan memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 8,346 > 1,66488. Uji F diperoleh nilai  f_hitung > f_tabel yaitu 62,199 > 3,11. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Antara kualitas produk dan kualitas pelayanan, kualitas yang lebih dominan ialah kualitas pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2014). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Himawan, B. dkk. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Warung Mie Ayam Bakso Ajeng Karanganyar. Jurnal Ekonomi & Kewirausahaan. (16) (3), 346-353.

Daryanto & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava media.

Kotler, P & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Purnawati, L. dkk. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Harga Sebagai Variabel Moderating Pada Minimarket Andhika Nusukan.Jurnal Ekonomi & Kewirausahaan, Vol.16 No. 3, September 2016, Hal 380-386.

Nofitasari, dkk. (2016). Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Nggone Koncoku Coffe House Di Surakarta. Jurnal Ekonomi & Kewirausahaan. (16) (2). 253-259.

Setiyaningrum, A. dkk. (2015). Prinsip Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar ( Cetakan Keempat). Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.


DOI: 10.24127/akuisisi.v18i2.755

DOI (PDF): https://doi.org/10.24127/akuisisi.v18i2.755.g547

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Akuisisi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Flag Counter

Web
Analytics View My Stats

Print ISSN : 1978-6581 Online ISSN : 2477-2984

Adress:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)Universitas Muhammadiyah Metro , Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung 34111.

Telephone: (0725)42445-42454

Email: akuisisijurnal@gmail.com