Determinan Individu Untuk Social Commerce: Kajian Theory of Planned Behavior dan Technology Acceptance Model

Amir Hidayatulloh

Abstract


The objective of study is to determine the determinants of social media use for social commerce. These factors are associated with theory of planned behavior and technology acceptance model. Population in this study is internet users, while the sample of this study is social media users. Sampling technique using purposive sampling. Criteria used is respondent who have made purchase through social media at least two time the purchase. This research uses SEMPLS analysis tool, in this case that is WarpPLS. Result of this study is perceived usefulness, perceived easy have a positive effect on users attitude towards social media, which ultimately the users attitude towards social media also affect the intention of respondent to make purchase through social media (social commerce). In addition, perceived usefulness is affect the perceived ease use. However, perceived usefulness, subjective norm, and perceived behavior control has no effect on the respondents intention to make purchase through social media.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penentu penggunaan media sosial untuk social commerce. Faktor tersebut dikaitkan dengan theory of planned behavior dan technology acceptance model. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna internet, sedangkan sampel penelitian ini adalah pengguna media sosial. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kriteria yang digunakan yaitu responden yang telah melakukan pembelian melalui media sosial minimal dua kali pembelian. Penelitian ini menggunakan alat analisis SEMPLS, dalam hal ini yaitu WarpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa persepsi kegunaan, kemudahaan penggunaan persepsian berpengaruh positif terhadap sikap pengguna terhadap media sosial, yang akhirnya sikap pengguna terhadap media sosial juga mempengaruhi niat responden untuk melakukan pembelian melalui media sosial. Selain itu, kegunaan persepsian dipengaruhi oleh kemudahaan penggunaan persepsian. Namun, kegunaan persepsian, norma subjektif, dan kontrol perilaku persepsian tidak berpengaruh pada niat responden untuk melakukan pembelian melalui media sosial.

Keywords


Social Commerce, Theory of Planned Behavior, Technology Acceptance Model

Full Text:

PDF

References


Ajzen, Icek. 1988. Attitudes, Personality, and Bahavior. Chicago: Dorsey Press

Ajzen, Icek. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Process, Vol 50, hal 179-211

Ajzen, I, dan M. Fishbein. 1980. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs: Prentice Hall

Alam, S.S., Musa R., Hasan F. 2009. Corporate Customers Adoption Internet of Internet Banking: Casa of Klang Vally Business Firm in Malaysia. International Journal of Business and Management, Vol 4, N0 4.

Ashur, Muhammad. 2016. Pengaruh Dukungan Sosial, Persepsi Risiko, dan Interaksi Sosial Terhadap Kepercayaan dan Niat Pembelian Konsumen Pada Media S-Commerce (Studi Pada Konsumen S-Commerce di Indonesia). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 3, No 1, hal 109-119

Bagozzi RP., Yi Y., Phillips, LW. 1991. Assesung Construct Validity in Organizational Research. Admin Sci Quarts, Vol 36, No 3, hal 421-430

Binalay, Andrew Gustnest., S.L, Mandey, dan C.M.O, Mintardjo. 2016. Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Manado. Jurnal EMBA, Vol 4, No 1, hal 395-406

Cooper, Donal R, dan P. S. Schindler. 2006. Business Research Model. Newyork: McGraw-Hill/Irwin

Davis, F.D., Bagozzi, R.P., dan Warshaw, P.L. 1989. User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoritical Model. Management Science, Vol 32, hal 982-100

Dennison, G., Bourdage-Braun, S., dan Chetuparambil. 2009. Social commerce Defined. IBM Corporation

Engel, James F., R.D, Blackwell., dan P.W, Miniard. 1994. Consumer Behavior. New York: Holt, Rinehart, and Wiston.

Hair, J.F., W.C. Black., B.J. Babin., R.E. Anderson, dan R.L. Tatham. 2008. Multivariate data Analysis. Edisi 6. Pearson Prentice Hall

Hajli, M. 2014. The Role of Social Support on Relationship Quality and Social commerce. Technology Forecasting & Social change, Vol 87, hal 17-27

Hartono, Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan, Edisi 1. Yogyakarta, Indonesia: ANDI OFFSET

Hartono, Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Edisi 1. Yogyakarta, Indonesia: ANDI OFFSET

Hartono, Jogiyanto, dan W. Abdillah. 2014. Konsep dan Aplikasi (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris. Edisi 1. Yogyakarta, Indonesia: BPFE UGM

Heriyanti, Nining., Firdaus, M. R., dan Rusmiyati. 2013. Analisis Belanja Online Melalui Smartphone Dengan Menggunakan Extended Technology Aceptance Model. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol 1, No 3, hal 343-406

Https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker dilihat tanggal 2 Nov 2016, Pukul 5:30)

Huang, Z., dan Benyoucef, M. 2013. From E-Commerce to Social Commerce: A Close Look at Design Features. Electronic Commerce Research and Aplication, Vol 12, No 4, hal 246-259

Indrayana, Bayu., Seminar, Kudang Boro, dan Sartono, Bagus. 2016. Faktor Penentu Minat Penggunaan Instagram Untuk Pemberian Online Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Vol 2, No 2, hal 138-147

Kazi, A.K. 2013. An Emirical Study of Factors Influencing Adoption of Internet Banking Among Students of Higher Education: Evidence from Pakistan. International Journal of Finance and Banking Studies, Vol 2, No 2

Kim, S., dan Park, H. 2013. Effect of Various Characteristics of Social Commerce (S-Commerce) Consumers Trust and Trust Performance. International Journal of Information Management, Vol 33, hal 318-332

Liang, T., Ho, Y., Li, Y, dan Turban, E. 2012. What Drives Social Commerce: The Role of Social Support and Relationship Quality. International Journal of Electronic Commerce, Vol 16, No 2, hal 69-90

Pradana, Aditya Wahyu., Susilo, Heru, dan Riyadi. 2016. Pengaruh Persepsi Kemudahaan, kemanfaatan, dan Sikap Pengguna Terhadap Minat Menggunakan IFS Software (Studi Pada Departemen Pengadaan Barang dan Jasa PT Petrokimia (Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 36, No 1, hal 1-9

Putri, Ni Made Kania Indriani dan Suprapti, Ni Wayan Sri. 2016. Aplikasi Model TAM Dalam Menjelaskan Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen UNUD, Vol 5, No 4, hal 2341-2368

Ramadhani, N. 2007. Model Perilaku Penggunaan NR 2007 Pengembangan Dari Technology Acceptance Model. Buletin TSM

Salsabila, Denada Violy., Susilo, Heru, dan Dewantara, Rizky. 2016. Pengaruh Kemudahaan Penggunaan dan Kemanfaatan Terhadap Sikap Pengguna Sistem (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Publik Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 36, No 1, hal 48-57

Santoso, Budi. 2010. Pengaruh Perceived Usefulness, Perceiver Ease of Use, dan Perceived Enjoyment Terhadap Penerimaan Teknologi Inforormasi: Studi Empiris di Kabupaten Sragen. Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret

Sari, Ema Novita, dan Hermanto, Suwardi Bambang. 2016. Analisis Faktor dalam Menggunakan Layanan E-Bill dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol 5, No 4, hal 1-23

Shin, D.H. 2013. User Experience in Social commerce: in Friends We Trust. Behavioral Information Technology, Vol 32, hal 52-67

Smith, Sheila M., Zhao, Jensen, dan Alexander, Melody. 2013. Social Commerce from a Theory of Planned behavior Paradigm: An Analysis of Purchase Intention. International Journal of E-Adoption, Vol 5, No 3, hal 76-88

Stephen, A, dan Toubia, O. 2010. Deriving Value from Social Commerce Network. Journal of Marketing Research, Vol 47, hal 215-228

Thakur, Rakhi, dan Srivastara, Mala. 2013. Customer Usage Intention of Mobile Commerce in India: An Empirical Study. Journal of India Businewss Research, Vol 5, No 1, hal 52-72

Tirtana, I, dam S.P. Sari. 2014. Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahaan dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Mobile Banking. Seminar Nasional dan Call Paper, Vol 25 Juni 2014: 671-687

Zhou, L., Zhang, P., dan Zimmermann, H.D. 2013. Social commerce: an Integrated View. Electronic Commerce Research and Application, Vol 12, No 2, hal 61-68


DOI: 10.24127/akuisisi.v15i1.460

DOI (PDF): https://doi.org/10.24127/akuisisi.v15i1.460.g338

Article Metrics

Abstract view : 529 times
PDF - 458 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Akuisisi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Flag Counter

Web
Analytics View My Stats

Print ISSN : 1978-6581 Online ISSN : 2477-2984

Adress:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)Universitas Muhammadiyah Metro , Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung 34111.

Telephone: (0725)42445-42454

Email: akuisisijurnal@gmail.com