ANALISIS PENILAIAN PERFORMANCE PERUSAHAAN BERBASIS BALANCE SCORE CARD (BSC) (Studi Kasus pada PT. Great Giant Pineapple. Terbanggi Besar Lampung Tengah)

Yateno Yateno

Abstract


Pelaku bisnis untuk menghadapi persaingan pasar kelas regional, nasional maupun internasional yang semakin kompleks seperti saat ini diperlukan metode pengukuran kinerja yang dapat menilai kinerja perusahaan secara akurat dan komprehensif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data tahun 2012-2013 di PT Great Giant Pineapple untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan untuk perspektif lain dianalisis melalui kuesioner perhitungan. Populasi dalam penelitian ini adalah untuk pelanggan dan karyawan PT. Great Giant Pineapple, sedangkan sampel yang diambil masing-masing adalah 100 responden untuk karyawan dan 100 responden kepada pelanggan. Kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ROI, profit margin, rasio operasi, kepuasan pelanggan, inovasi, dan kepuasan karyawan. Dengan tujuan untuk menganalisis sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan berbasis penerapan Balanced Scorecard

Dalam penelitian ini metode yang dapat digunakan adalah Balance Scorecard. Balance Scorecard adalah alat pengukuran kinerja yang menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Balance Scorecard mengukur kinerja dari empat perspektif, yaitu perspektif learning dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pelanggan, dan perspektif keuangan, dari hasil analisis yang dilakukan, diketahui bahwa kinerja PT Great Giant Pineapple cukup baik secara keseluruhan. Pada indikator perspektif keuangan ROI, profit margin, dan rasio operasi telah menunjukkan kinerja yang cukup. Untuk perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang baik di hadapan kepuasan pelanggan yang cukup memuaskan. Pada perspektif bisnis internal, perusahaan sudah bisa melakukan inovasi dengan baik. Dan untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan tingkat kepuasan karyawan yang cukup memuaskan. Dari data penelitian tersebut dapat menunjukan bahwa dengan menggunakan Balance Scorecard untuk memberikan lebih terstruktur dan komprehensif.


Full Text:

PDF

References


Aditiyo, Marhenda. 2012. Evaluasi Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Sistem Pengukuran Organisasi. Dalam Jurnal Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kaplan, R.S. & Norton, D.P. 1996. Linking The Balanced Scorecard Into Strategy. Boston: Harvard Business School Press.

Kaplan, R. S. dan David P. Norton. 2000. Balance Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan: Pasla Yosi Peter R. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Keown,Arthur J., 2008, Manajemen Keuangan, Edisi 10, Jakarta, PT. Macanan Jaya Cemerlang

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. (edisi ke-2). Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2005. System Manajemen Strategic Berbasis Balance Scorecard. UPP AMP YKPN.


DOI: 10.24127/akuisisi.v11i1.3

DOI (PDF): https://doi.org/10.24127/akuisisi.v11i1.3.g3

Article Metrics

Abstract view : 1105 times
PDF - 4242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Akuisisi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Flag Counter

Web
Analytics View My Stats

Print ISSN : 1978-6581 Online ISSN : 2477-2984

Adress:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)Universitas Muhammadiyah Metro , Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung 34111.

Telephone: (0725)42445-42454

Email: akuisisijurnal@gmail.com