PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, KEMUDAHAN BERTRANSAKSI, KEPERCAYAAN KONSUMEN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA

Durotun Nasikah, Selamet Fuadi

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh maraknya kasus kebocoran akun sebagian pengguna Tokopedia. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan konsumen, kualitas produk dan harga mempengaruhi keputusan pembelian pada MarketplaceTokopedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel-variabel tersebut memperkuat pengaruh keputusan pembelian pada MarketplaceTokopedia.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer berupa kuesioner atau angket. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling dan didapat 68 responden.Teknik analisis data yaitu menggunakan pengujian persyaratan instrumen pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji homegenitas danuji linieritas sedangkan untukpengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier bergandadengan perhitungan menggunakan SPSS 20.Hasil menunjukan bahwa1) Variabel persepsi keamanan tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 2) Variabel kemudahan bertransaksi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 3) Variabel kepercayaan konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 4) Variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 5) Variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 6) Secara simultan variabel persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan konsumen, kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia. 

Kata kunci: Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Konsumen,Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Buku

Donni Juni Priansa. (2017). PerilakuKonsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Philip Kotler. (2007). Marketing Jilid 1. Ciracas,Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler. (2006). Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan dan pengendalian Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Harman Malau. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Artikel Jurnal

Alfian Pradana Bangun Pambudi. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Daya tarik Iklan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia di Soloraya. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Strata I Universitas Muhammadiyah Surakarta.

American Marketing Associantion (AMA) yang dikutip oleh Kotler dan Keller. 2016.

Danialin Saputra. (2018) Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth, Kualitas Produk, Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Eiger Cabang Manyar Surabaya.

Fuji Puspitasari,Hawignyo. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Tokopedia. Journal of Economic, Busines and Accounting, Vol.4 No.2

Gramedia, G.M. (2020). Manajemen pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas dan Konsep.https://www.gramedia.com/literasi/manajemen-pemasaran/. 30 November 2021.

Heksawan Rahmadi,Deni Malik. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce pada Tokopedia.Com di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, Vol.3 No.1

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, Vol.6 No.1, 31-42.

Kotler, Philip. (2002). Marketing Management,Millenium Edition. New Jersey : Pearson Custom Publishing.

MelindaAgustina,Fidelis Wato Tholok,Handry. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia (Studi Kasus Wilayah Tanggerang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol.17 No.3

Muhammad Faiz Amin,Kholifatul Husna. (2020). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Website, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Tokopedia.Com. Journal of Multidisciplinary Studies, Vol.4 No.1

Nisfatul Lailiya. (2020). Pengaruh Brand Ambasador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol.2 No.2

Ratno Wijaya Kusuma, Tio Go Ban, Muhamad Guntur. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, Vol.2

Sri Rahayu. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Universitas Baturaja

Suwarto, S., & Nasikah, D. (2021). Pengaruh Country Of Origin Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Import Di Kota Metro. Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 2(2), 61-70.

Wahyu Chandra. (2019). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Citra Tokopedia Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Jual Beli Online Tokopedia. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jember. Program Studi Pascasarjana Universitas Jember.

Internet

Akbar. A.A. (2021). Bisnis E-Commerce semakin gurih. https://www.indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2534/bisnis-e-commerce-semakin-gurih. 7 Desember 2021 (19:36).


DOI: 10.24127/jm.v16i1.789

Article Metrics

Abstract view : 298 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats