ANALISIS PERUBAHAN NILAI INDONESIA CRUDE PRICE (ICP) DAN PENGARUHNYA TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) PERIODE PENGAMATAN SEBELUM PEMBERLAKUAN MEA

Febriyanto Febriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perubahan nilai Indonesia Crude Price (ICP) dan pengaruhnya terhadap IHSG di BEI ditengah informasi menghadapi pemberlakuan MEA tahun 2015.

Data yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah data IHSG, ICP yang dibatasi pada data penutupan tiap akhir-akhir bulan selama periode pengamatan tahun 2004-2015 atau menjelang pemberlakuan program MEA. Alasan pemilihan periode tahun yang digunakan adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai dengan keadaan saat ini.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis Regresi sederhana untuk menguji pengaruh bubungan antara ICP terhadap IHSG.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “ICP berpengaruh terhadap IHSG”. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh hasil bahwa hipotesis tersebut terbukti, artinya ketika nilai ICP mengalami perubahan maka IHSG akan terpengaruh.

Kondisi ditengah informasi adanya pemberlakuan MEA ternyata tidak serta merta membuat aktivitas perekonomian menjadi terpengaruh secara signifikan. Hal ini tercermin dari selama periode pengamatan IHSG dengan kondisi yang relatif kondusif dalam pergerakanya.

 

Keywords: IHSG, Indonesia Crude Price, Perekonomian.


Full Text:

PDF

References


Ang, Robert, 1997, “Buku Pintar: Pasar Modal Indonesia”, First Edition Mediasoft Indonesia.

Blanchard, Olivier, 2006, Macroeconomics, 4th Prentice Hall New Jersey.

Dornbusch, Rudiger. 2006. Makro Ekonomi. Jakarta: Media global Edukasi.

Husnan, Suad. 2006. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Rowland Pasaribu dan Mikail Firdaus, 2013. “Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia” Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol.7, No. 2, pp.117-128.

Ratih, Dewi. 2016. Pengaruh Kurs, Suku Bunga BI Rate, Harga Minyak Dunia terhadap Indeks Harga Saham LQ45 Periode Januari 2012-Desember 2014. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Samsul, Mohamad. 2008. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Tandelilin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/IHSG

http://www.esdm.go.id/

www.finance.yahoo.com

www.idx.co.id

Bisnis Indonesia, 2007.


DOI: 10.24127/jm.v10i1.77

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 813 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.