DAMPAK PERAN GANDA WANITA KARIR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KINERJA KARYAWAN: STUDI PADA WANITA KARIR YANG BEKERJA DI BANK JATENG, BANK MANDIRI, DAN BANK BNI KABUPATEN MAGELANG

Fira Sofana, Dzakiyya Silkha Uyun, Emer Aldina Machkota

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 tidak hanya berpengaruh pada berbagai sektor kehidupan. Salah satu pihak yang merasakan dampak pandemic Covid-19 adalah wanita karir. Adanya kebijakan pemerintah dalam rangka menekan laju penyebaran virus Covid-19 yaitu kampanye bekerja dirumah, belajar dirumah, dan beribadah dirumah mengakibatkan permasalahan tersendiri bagi wanita karir yang juga seorang ibu. Seorang wanita karir harus dapat menyeimbangkan perannya. Wanita karir yang juga seorang ibu harus dapat menyelesaikan pekerjaannya dan mendampingi anaknya belajar di rumah. Kondisi tersebut dapat menimbulkan stress dan kecemasan yang berakibat pada kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian adalah wanita karir yang bekerja di Bank Jateng, Bank Mandiri, dan Bank BNI di Kabupaten Magelang. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive samplingdengan kriteria wanita karir yang sudah menikah dan memiliki anak usia 7-10 tahun sehingga diperoleh sampel sebanyak 70 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan google form. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linear. Hasil pengujian menunjukkan bahwa konflik peran ganda berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Konflik peran ganda berpengaruh terhadap stress kerja wanita karir. Tidak adanya pengaruh antara konflik peran ganda terhadap kecemasan karyawan wanita karir. Stress kerja sebagai mediator antara konflik peran ganda dengan kinerja karyawan. Namun, kecemasan tidak menjadi mediator antara konflik peran ganda dengan kinerja karyawan. 

Kata kunci: Kecemasan, Kinerja Karyawan, Konflik Peran Ganda, Stress Kerja


Full Text:

PDF

References


Ismiati, N. (2020). Pengaruh Konflik Peran Ganda Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Polisi Wanita Di Polresta Padang. 1–11. https://doi.org/10.31219/osf.io/yfjrb

Kusumastuti, A. N. (2020). Dampak konflik peran ganda di masa pandemi covid-19 pada ibu yang bekerja. 100.

Marliani, R., Nasrudin, E., Rahmawati, R., & Ramdani, Z. (2020). Emotional Regulation, Stress, and Psychological Well-Being: A Study of Work from Home Mothers in Facing the COVID-19 Pandemic. Journal of Psychology, 1.

Moh, M. (2020). Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Retnowati, A. N., Aprianti, V., & Agustina, D. (2020). Dampak Work Family Conflict dan Stres Kerja Pada Kinerja Ibu Bekerja Dari Rumah Selama Pandemic Covid 19 di Bandung. 6, 161–166.

Riyanto, I., & Juanah. (2020). Pengaruh Konflik Peran Ganda dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Wanita pada PT. Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah Cilegon. Ekonomi Dan Publik, 16(1), 1–14.

Sari, I. K., Farha, T. R., Sanjaya, V. F., Manajemen, J., Syariah, B., Raden, U. I. N., & Lampung, I. (2021). Pengaruh Konflik Peran Ganda Terhadap Kinerja Karyawan Wanita dengan Stress Kerja Sebagai Mediasi komitmen utama didalam hidupnya , yaitu komitmen pada keluarga dan pekerjaannya ( Nabila et al ., konflik peran ganda atau Work Family . tuntutan waktu untuk keluarga , dan ketegangan yang diciptakan oleh keluargamengganggu. 13(1), 51–59.

Soares, A. P. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Triningsih, N. N., Suputra, G. A., Dian, M., Agustina, P., Ekonomi, F., Dan, B., & Indonesia, U. H. (2021). Pengaruh Konflik Work Family Conflict dan Stres Kerja terhadap Kinerja Perawat Wanita RSUD Wangaya Denpasar. 1(1), 412–430.

Wahab, at all. (2019). Pengaruh Konflik Peran Ganda Terhadap Kinerja Melalui Stress Kerja Sebagai Moderator Pada Pegawai Wanita. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 250–266.


DOI: 10.24127/jm.v15i2.653

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats