PENGARUH DISKON, KUALITAS WEBSITE, PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE: STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Aruf Yusuf Alghifari, Tri Septin Muji Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon, kualitas website, persepsi resiko dan kepercayaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Berdasarkan kriteria, didapatkan sebanyak 110 responden yang menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian inianalisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial diskonberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeliankualitas websiteberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelianpersepsi resikoberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeliandan kepercayaanberpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelianDiskon, kualitas website, persepsi resiko dan kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 

Kata kunci:Keputusan Pembelian, Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko, Kepercayaan


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

---------- & G.Armstrong, 2008.Prinsip Prinsip Pemasaran Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Suliyanto, 2018. “Metode Penelitian Bisnis untuk skripsi, tesis, dan disertasi”

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI

----------,.(2008). Strategi Pemasaran Edisi III. Andi. Yogyakarta Angkat, D.W., Prihatini, A.E. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Lazada

Amalia, N.R., Saryadi. (2018). Pengaruh Kemudahan Akses Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Online Tiket.Com

Amanah, D., Harahap, D.A. (2018). Examining The Effect Of Product Assortment And Price Discount Toward Online Purchase Decision Of University Student In Indonesia. JMK, VOL. 20, NO. 2, 99–104

Ardiansyah, Nurdin, H., (2020). Pengaruh Diskon Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Online Shop Shopee. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI). Volume 5 No.2, Juni 2020

Ardinia Triwidyastika. 2012. Studi Tentang Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Resiko Terhadap Sikap Pada Belanja Online dan Implikasinya Pada Minat Belanja Online di D’Sheteo Boutique. Universitas Diponegoro. Jurnal Sian Pamasaran Indonesia. Volume XI, No. 1, Mei 2012, halaman 51-75

Aribowo, Jati, P.D, Nogroho, M.A. 2013. Pengaruh Trust dan Perceived Of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi Menggunakan ECommerce. Jurnal Nominal. Volume 2. Nomor 1.

Chotimah, N. (2018). Pengaruh Kualitas Website Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Mobile Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR. Vol. 3. No 1. hal 63 – 72

Dwi Septi Haryani. 2019. Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(2), 198-209.

Firdayanti, R. 2012. Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce dengan KepercayaanKonsumen dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social andIndustrial Psychology, 2-4

Fatimah, M. H. (2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying (Studi kasus pada konsumen Janu Putra Swalayan di Yogyakarta). 1(1), 1-20.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Undip.

Irawan, I.A. (2018). Effect Of Trust, Convinience, Security And Quality Of Service On Online Purchase Decision.

Kejutan, Shopee Geser Tokopedia Jadi Raja E-commers RI. https://www.cnbcindonesia.com/tech/kejutan-shopee-geser-tokopedia-jadi-raja-e-commece-ri. [Diakses pada 9 November 2020]

Li, Z., Sha, Y., Song, X., Yang, K., ZHao, K., Jiang, Z. and Zhang, Q. (2020), "Impact of risk perception on customer purchase behavior: a meta-analysis", Journal of Business & Industrial Marketing, Vol. 35 No. 1, pp. 76-96. https://doi.org/10.1108/JBIM-12-2018-038

Pappas, Nikolaos, Marketing strategies, perceived risks, and consumer trust in online buying behaviour,

Journal of Retailing and Consumer Services,Volume 29, 2016, Pages 92-103, ISSN 0969-6989,

https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2015.11.007

Permatasari, C. D. (2015). Pengaruh kepercayaan, keamanan, persepsi resiko, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara online (Studi pada pengguna situs olx. co. id d/h berniaga. com). Final Project. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Piarna, R. (2016). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepercayaan Pelanggan dalam Menentukan Keputusan Bertransaksi Pada E-commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 1(2).

Prasetyani, I., & Wahyuningsih, T. H. (2019). Pengaruh Sumber Informasi, Keamanan, Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Efektif Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 91-104.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Resa, N.A, Andjarwati, A.L. (2019). Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 7 Nomor 4

Riyono, Astono, D.A., Novitasari M. (2019) Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Oleh Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT. 10(1).

Saefurahman, A., Hadi, S.S. (2019). Price Perception, Risk, Quality of Information, and It’s Effect on Online Purchase Decisions. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 132

Safuan, N.M.I., (2018). Pengaruh Kualitas Website, Diskon, Dan Kesadaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Zalora. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen

Satyo, Suprihhadi. 2013. Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk dan Layanan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Garmen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 2 (8): 1 19.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L (2010). Consumer behavior (10th ed.) USA: Prentica Hall International, Inc.

Sekarpramudita, A.A., Luqman, Y., (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Dan Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Belanja Online Bukalapak

Sikandar Ali Qalati, Esthela Galvan Vela, Wenyuan Li, Sarfraz Ahmed Dakhan, Truong Thi Hong Thuy & Sajid Hussain Merani | Pantea Foroudi (Reviewing editor) (2021) Effects of perceived service quality, website quality, and reputation on purchase intention: The mediating and moderating roles of trust and perceived risk in online shopping, Cogent Business & Management, 8:1, DOI: 10.1080/23311975.2020.1869363

Suhir, M., Suyadi, I., dan Riyadi (2015) “Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian secara Online”, Jurnal Administrasi Bisnis. No 8(1), pp:1-10

S. Septiani, S. Sugiarto, dan Y. Yoestini. Analisis Pengaruh Kualitas Website, Lingkungan dan Daya Tarik Konten Terhadap Impulsive Buying pada Website OLX Melalui Perilaku Hedonik. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 15, No. 3, pp. 168- 180, Desember. 2016.

.

Yunita, N.R, Sumarsono, H., Farida. U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak. Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi. 3(1) . 90 – 105

Zulfa, L., Hidayati, R. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Management. Volume 7, Nomor 3. Tahun 2018. Halaman 1-11


DOI: 10.24127/jm.v15i2.635

Article Metrics

Abstract view : 138 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats