PENGARUH MOTIF RASIONAL DAN MOTIF EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL Blackberry DI BANDAR LAMPUNG

VIOLA DE YUSA VIOLA DE YUSA

Abstract


Abstrak

 

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat, ponsel menjadi salah satu barang kebutuhan pokok yang dapat dimiliki oleh semua pihak. Selain untuk alat komunikasi, ponsel juga digunakan sebagai alat untuk menunjukkan gaya bagi si pemakai, sehingga konsumen dalam membeli ponsel tertentu selalu disertai dengan pertimbangan pribadi berupa motif rasional dan emosional. Motif rasional adalah motif yang menurut pikiran yang sehat, patut, dan layak. Sedangkan motif emosional adalah motif yang dipengaruhi oleh perasaan. Blackberry selalu berusaha untuk memantapkan posisinya dengan selalu memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Blackberry selalu menghadirkan tipe baru telepon seluler yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen yang selalu berkembang.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah motif rasional dan motif emosional berpengaruh terhadap keputusan pembelian ponsel Blackberry. Fokus tujuan dalam menjawab pertanyaan tersebut adalah untuk mengetahui pengaruh motif rasional dan motif emosional terhadap keputusan pembelian ponsel Blackberry. Hipotesis yang dapat ditarik yaitu bahwa motif rasional dan motif emosional berpengaruh terhadap keputusan pembelian ponsel Blackberry. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dimana penelitian ini menguraikan persepsi konsumen terhadap motif rasional dan motif emosional. Alat analisis yang digunakan adalah analisis Regression Logistic. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden. Setelah Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara teoritis bentuk model regresi logistik ini menunjukkan motif rasional (X1) = 0,948 dengan angka signifikansi variabel motif rasional (X1) sebesar 0,004, sedangkan motif emosional (X2) = 1,361 dengan angka signifikansi variabel motif emosional (X2) sebesar 0,001. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dari dua variabel tersebut yang paling dominan adalah motif emosional (X2). Motif rasional dan motif emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen yaitu membeli atau menggunakan ponsel Blackberry. Nilai kelayakan model regresi signifikan/probabilitas motif rasional dan motif emosional sebesar 0,957, dimana angka tersebut > 0,05, sehingga model layak dipakai untuk analisis selanjutnya.

 

Kata Kunci: Motif Rasional, Motif Emosional dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi

Revisi V. Rineka Cipta. Jakarta.

Ghozali Imam & Castellan N.John. 2002. Statistik Nonparametrik. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Handoko, T. Hani dan Swastha. 1999. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku

Konsumen. Penerbit Liberty. Yogyakarta

Handoko, T. Hani dan Swastha. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku

Konsumen. Penerbit Liberty. Yogyakarta

Manning, Gerald L., Reece, Barry L. and MacKenzie, H.F.2004.. Selling Today: Creating Customer Value; (Third Canadian Edition). Pearson Prentice Hall, Toronto, Ontario (466 pages).

Manning, Gerald L. and Barry L. Reece (2004). Selling Today: Building Quality Partnership. 7th ed., Prentice-Hall, NJ.

Santoso,Singgih.1997. SPSS Statistik Non Parametrik. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Santoso, Singgih.1997. SPSS Statistik Parametrik. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Santoso, Singgih.1997. SPSS Statistik Multivariat. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior, 7th Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk

Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta.

Simanjuntak,Judika. 2008.”Analisis Motif Rasional dan Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Nokia di Bandar Lampung”.(Skripsi) Fakultas Ekonomi Universitas Lampung (tidak dipublikasikan).

Widyanti, Lucky. 2007. “Pengaruh Motif Rasional dan Emosional serta Status Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Nokia 6111 di Surabaya".(Tesis) Program Pascasarjana Universitas Air Langga (tidak dipublikasikan).

Wijaya, Dimas Surya. 2011. “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro)”.(Skripsi) Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.(tidak dipublikasikan).


DOI: 10.24127/jm.v9i2.40

Article Metrics

Abstract view : 2687 times
PDF - 3761 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats