PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT MARDI WALUYO METRO

Nina Lelawati Nina Lelawati

Abstract


Abstrak

 

Pada era global, persaingan dalam dunia industri barang maupun jasa begitu ketat.  Perusahaan barang maupun jasa tidak terkecuali rumah sakit Mardi Waluyo Metro dituntut untuk bisa bersikap lebih bijak, dan dapat menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif. Karena salah satu tantangan bagi rumah sakit adalah meningkatkan kepuasan pasien, maka adanya kualitas pelayanan terbaik dan didukung citra perusahaan yang baik diharapkan dapat meningkatkatkan rasa puas pada diri pasien sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan dan memenangkan persaingan. Adapun masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah variabel kualitas palayanan dan citra perusahaan berpengaruh positif baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap variabel kepuasan pasien.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun pengaruh secara bersama-sama antara variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap variabel kepuasan pasien pada rumah sakit Mardi Waluyo Metro.

Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh positif  baik secara parsial maupun secara bersama-sama antara variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap variabel kepuasan pasien pada rumah sakit Mardi Waluyo Metro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap variabel kepuasan pasien sebesar 72 %. Pengaruh secara parsial juga ditunjukkan oleh masing-masing variabel terhadap kepuasan pasien dan pengaruh tertinggi diberikan oleh variabel kualitas pelayanan.

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Pasien.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Atmaja, Ni Putu Cempaka Dharmadewi. 2011. Pengaruh Kewajaran Harga, Citra Perusahaan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Penerbangan Domestik Garuda Indonesia. Tesis Program Pascasarjana. Universitas Udayana : Denpasar.

Lovelock, H. Christopher and Lauren K. Wright, 2007. Manajemen Pemasaran

Jasa,PT Indeks, Jakarta.

Consuegra, D., Molina, A., & Esteban, À. 2007. An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyalty: an Empirical Analysis in Service Sector. Journal of Product & Brand management.

Hamel,Gary & C.K Prahalad, 1994.Competing for the Future, USA : Harvard Bussiness School Press.

Hermawan Kertajaya, 2000. Marketing Plus 2000, Siasat Memenangkan Persaingan global. Jakarta : PT. Gramedia PustakaUtama

Iman Mulyana Dwi Suwandi. 2010. Citra Perusahaan. Seri Manajemen Pemasaran. www.e-iman.uni.cc.

Jogianto, HM. 2008. Pedoman Survey Kuesioner. UGM. Yogyakarta : BPFE.

Kotler, P. dan Keller, K, L. 2007. Manajemen Pemasaran (Bejamin Molan, Pentj). Ed 12, Jilid 1&2. Jakarta : Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Dua Belas. Jakarta : Indeks.

Lupiyoadi & Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat : Jakarta.

Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Parasuraman, A, Zeithaml, V. A. & Berry, L.L. 1988. SERVQUAL : Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol. 64. No. 1. pp. 12-40.

Pujiastuti, Wiwit. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim : Malang.

Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran & Unsur-unsur Pemasaran. Cetakan ketiga. Bandung : Linda Karya

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2003. Statiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutisna., Prawitra Teddy, 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, PT. Rosdakarya: Bandung.

Tang, Weiwei. 2007. Impact of Corporate image and Corporate Reputation on Customer Loyalty : A Review. Management Science and Engineering.

Uyanto, Stanislaus. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Graha Ilmu.


DOI: 10.24127/jm.v9i2.35

Article Metrics

Abstract view : 504 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:


View DERIVATIF Stats