SUBSIDI KUOTA INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PARTISIPASI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Sugiyarto Sugiyarto, Suwarto Suwarto, Turkamun Turkamun

Abstract


Tujuan  dari  penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  subsidi  kuota internet terhadap motivasi  belajar mahasiswa serta dampaknya  terhadap  partisipasi mahasiswa pada pembelajaran  daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode    Analisa jalur/Path Analysis. Dimana subsidi kuota  sebagai  variabel bebas (X),  motivasi  belajar (Y) sebagai  veariabel  intervening  dan berpartisipasi mahasiswa pada  pembelajaran daring sebagai  variabel dependent(Z). Responden dalam penelitian ini adalah  mahasiswa program studi sekretari D-III, semester tiga (3) dan lima (5)  dengan jumlah  responden sebanyak  100  mahasiswa  yang di ambil  secara acak.  Instrumen penelitian menggunakan angket yang diberikan kepada  100  responden  secara  acak. Hasil penelitian menunjukan bahwa subsidi kuota memberikan pengaruh terhadap   motivias belajar mahasiswa (Y)  sebesar  49 %. Sedangkan pengaruh subsidi kuota (X)  dan   motivasi belajar (Y)  terhadap  pertisipasi mahasiswa pada pembelajaran daring (Z)  sebesar 66.4%., sisanya  dipengaruhi oleh faktor lain  yang tidak  dimasukan  dalam penelitian. Sementara   pengaruh langsung  variabel  X terhadap Z sebesar  0.256  Sedangkan pengaruh tidak langsung  variabel X melalui  Y terhadap  Z   sebesar  0.431. Maka  dapat disimpulkan   bahwa  pengaruh X  terhadap Z  adalah pengaruh langsung ditambah  dengan pengaruh tidak langsung ( 0.256 + 0.431 = 0.687). Dengan demikian maka dapat di simjpulkan bahwa  subsidi  kuota  mampu meningkatkan motivasi belajar  mahasiswa dan berdampak positif atas  partsispasi mahasiswa pada pembelajaran  daring.

Kata kunci: Subsidi, Motivasi, Partisipasi

 


Full Text:

PDF

References


Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah pembelajaran matematika secara daring efektif?(Studi kasus pada pembelajaran selama masa pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136-142.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Maulah, S., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 49-61.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14.

Handoko, R., & Patriadi, P. (2005). Evaluasi Kebijakan Subsidi Non BBM. Kajian Ekonomi dan Keuangan, 9(4), 42-64.

Milton H. Spencer & Orley M. Amos, Jr., Contemporary Economics, Edisi ke-8, hal. 464, 1993, Worth Publishers, New York.

Perarturan Sekretari Jenderal Nomor 4 Thuan 2021 Tentang Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Data Kuota Internet Tahun 2021

Learning Management System Universitas Pamulang / e-learning.unpam.ac.id

Habib, M., Sulistyowati, E., Rohmah, S. N., & Haryadi, A. R. (2021). Pengaruh Covid-19 terhadap Minat Belajar Daring Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2).

Lestari, S. A. HUBUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM, PEMANFAATAN SUBSIDI KUOTA, DAN KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktik di pendidikan vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224-231.

Bramastia, B. (2021). PENGGUNAAN BANTUAN KUOTA BELAJAR KEMENDIKBUD DI MASA PANDEMI. Epistema, 2(1), 11-22.

Triama, R. A. (2021). Pengaruh pembelajaran e-learning terhadap motivasi dan hasil belajar


DOI: 10.24127/jm.v16i2.1105

Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.